Wagub Harap Jalannya Rakor Dinsosdukcapil Perkuat Sinergi Penanggulangan Kemiskinan di Jambi



Selasa, 12 Oktober 2021 - 16:03:11 WIB



JAMBERITA.COM - Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Abdullah Sani secara resmi membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Daerah, Tim Koordinasi (Tikor) dan Pelaksana Penyaluran Bantuan Sosial Pangan Dinsosdukcapil Provinsi, di Swiss-Belhotel, Selasa (12/10/2021). 

Abdullah Sani mengatakan, semoga Rakor ini menjadi sarana yang saling bersinergi, berbagai informasi, serta memperkuat komitmen dalam melaksanakan penanggulangan program yang lebih terarah dan spesifik, khususnya program Bansos pangan tahun 2021 di provinsi Jambi.

Menurut nya, sebagaimana diketahui berdasarkan data BPS Provinsi Jambi angka kemiskinan mengalami peningkatan dari 7,97, sebanyak 288,10 ribu orang pada September 2020 menjadi 80,9 persen atau 293, 86 ribu orang pada Maret 2021, atau bertambah sebanyak 5,8 ribu orang.

"Angka kemisikinan Provinsi Jambi memang masih berada di bawah angka nasional. Namun demikian juga dengan kasus Covid-19 yang masih ada, tentunya perlu kita antisipasi terhadap kemiskinan," katanya.

Selain itu upaya penanggulangan kemiskinan kata Abdullah Sani, dilaksanakan melalui ada dua strategi yaitu, pertama mengurangi beban pengeluaran melalui program pemberian bantuan tunai, Program Keluarga Harapan (PKH), program bantuan pangan non tunai/sembako dan program lainnya yang rakor nya hari ini dilaksanakan.

"Program bantuan pangan non tunai sembako ini merupakan program yang penting dalam memenuhi kebutuhan dasar, khususnya pangan dan juga bagian dari upaya mencegah stunting serta peningkatan pergerakan ekonomi bagi masyarakat miskin dan rentan miskin," ujarnya.

Abdullah Sani berharap agar program bansos yang telah dilaksanakan ini dapat dilaksanakan sebaik-baiknya, juga agar bantuan dengan konsisten memperhatikan 6 T, yaitu tepat sasaran, tepat waktu, tepat kualitas dan tepat sasaran.

"Saya juga berpesan agar sinergi pusat provinsi kabupaten kota, Himbara dan pendamping dalam hal kebijakan pemberdayaan pendampingan serta memfasilitasi peningkatan kinerja yang baik, terpadu dan berkelanjutan," tambahnya.

"Untuk itu saya tekankan sekali lagi kepada para peserta rakor untuk mengikuti dengan sungguh-sungguh, berikanlah masukan dan saran untuk mensukseskan program pembangunan Kesejahteraan Sosial dalam upaya mewujudkan Jambi mantap 2024," harapnya.(afm)





Artikel Rekomendasi