Rakor Dinsosdukcapil, Perwakilan Himbara Jawab Soal Ketidakpastian Penerima Bansos Via E-warung



Selasa, 12 Oktober 2021 - 15:27:47 WIB



JAMBERITA.COM - Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinsosdukcapil) mengungkapkan beberapa poin pribadi terkait pengiriman Bansos melalui E-Warung yang dibentuk oleh pihak Himpunan Bank Negara (Himbara).

Mengenai itu, Perwakilan Himbara, Pimpinan Cabang Bank BRI KC Abunjani Sipin Jambi Dodi Wahyudi B mengaku belum mengetahui adanya oknum penguasa Kartu Sejahtera Kelurga (KKS), yang seharusnya digunakan oleh masyarakat yang tidak mampu dalam menerima bantuan.

"Soal oknum kami datanya belum dapat," katanya setelah mengikuti Rakor Daerah Tikor Pelaksana Program Bantuan Sosial Pangan Dinsosdukcapil di Swiss-Belhotel, Selasa (12/10/2021).

Dodi mengatakan, pada prinsipnya mereka dari Himbara mendukung dengan adanya kerja sama antara pihak Perbankan dengan Dinas Sosial untuk melakukan distribusi kartu ke penerima melalui KKS serta bantuan melalui E-Warung yang mereka beri nama BRI-Link.

"Beberapa kendala menjadi warung saat ini di kabupaten kota disarankan agar ditambah, bagi kami khususnya di Bank BRI selama dia memenuhi syarat untuk E-Warung dalam hal ini maka kita bisa melakukan proses untuk mitra agen Bri-Link atau E-warung , asalkan dia memenuhi syarat di dalam menyebarkan program tersebut," tuturnya.

Selanjutnya, temuan saldo yang kosong, itu kata Dodi untuk mendapatkan bantuan sembako setiap bulan dia mendapat, namun mendapatkan apakah bulan ini A dapat, dan bulan depan A kembali mendapat lagi, itu semua berdasarkan by data dari pusat.

"Kalau kami dari bank BRI, kalau dari data Dinsosdukcapil dari Kementerian Sosial, tapi selama ini adalah kami pihak bank mendapatkan data dari kantor pusat kami. Kemudian kami sampaikan kepada tim pendamping atau dinsos dan data itu untuk digunakan kepada calon penerima untuk menghadapi dan mengambilnya kartu KKS kepada penerbit," ujarnya.

Sejauh ini, dirinya sebagai perwakilan Himbara cukup mengapresiasi langkah Dinsosdukcapil Provinsi Jambi dalam hal ini melakukan kegiatan Rakor, sekaligus menjadi bahan evaluasi semua pihak dalam menjalankan program bansos dari pemerintah untuk masyarakat.

"Ini merupakan agenda yang bagus, ketika lagi berjalannya di tahap 9, luar biasa Dinsos berperan mengumpulkan kita semuanya untuk segera mungkin melakukan perbaikan ditahap berikutnya. Ditahap 9 bisa berjalan lebih lancar, khususnya para penerima ini, bisa menerima sesuai dengan tujuan dengan adanya bantuan tersebut, "jelasnya.(afm)





Artikel Rekomendasi