Perkumpulan Srikandi Kreatif Jambi Gelar Pelatihan



Rabu, 31 Agustus 2022 - 20:39:38 WIB



Ketua Persikindo Provinsi Jambi Hj Linda Astuti.
Ketua Persikindo Provinsi Jambi Hj Linda Astuti.

JAMBERITA.COM - Perkumpulan Srikandi Kreatif Indonesia (Persikindo) Provinsi Jambi menggelar pelatihan penguatan penghayatan ideologi pancasila pada era pasar global di Ceria Hotel, Kota Jambi, Rabu (31/8/2022).

Ketua Persikindo Provinsi Jambi Hj Linda Astuti mengungkapkan visi dari Persikindo sendiri yaitu menjunjung tinggi harkat martabat wanita Indonesia yang berwawasan ekonomi pancasila.

"Misi memberikan pelatihan memfasilitasi permodalan meningkatkan produktifitas membantu pemasaran kepada UMK/UMKM usaha mikro di dalam dan luar negeri /pasar internasional dalam pasar global," tuturnya.

Linda mengatakan sejauh ini, Persikindo Provinsi Jambi sudah dikukuhkan di Jakarta dan sudah berdiri di 34 Provinsi se Indonesia dengan Ketua Umum Hj Rini Sujiyanti. Tanpa terasa perjalanan waktu semakin menghantarkan pada persaingan yang semakin mengglobal terlebih lagi dengan di bukanya gerbang AFTA 2015 era pasar bebas.

"Kita dituntut akan peran dan tanggung jawab semakin besar, semua ini harus kita sikapi dengan pemikiran dan kerja yang profesional dan proporsional," tegasnya.

Kendati demikian, semua itu membutuhkan energi yang sangat besar bilamana Persikindo tidak mau tergerus oleh arus globalisasi pasar bebas yang tanpa kompromi."Pekerjaan besar tentunya sudah menunggu kita, namun demikian tentunya bukan semata-mata pekerjaan jauh lebih baik itu semua persoalan pun tidak akan luput dari perhatian kita baik yang timbul dari dalam internal maupun eksternal," tuturnya.

hal ini semakin memacu Persikindo Provinsi Jambi untuk lebih dewasa dalam menyikapi, begitu juga dengan program kerja kegiatan maupun aktivitas yang pada gilirannya juga menuntut kematangan maupun profesionalisme dalam mengemasnya bahkan mewujudkannya sehingga menjadi daya guna yang komprehensif.

"Berbagai cara upaya dan kerja nyata telah kita lakukan dalam menumbuh kembangkan organisasi, meski harus jatuh bangun menghadapi tuntutan dan persaingan global pasar bebas," ungkapnya.

Tidak hanya itu upaya membangun hubungan kebersamaan dan terus melakukan sinergitas dengan berbagai pihak, itu kata Linda juga mereka lakukan baik kepada Pemerintah Daerah (Pemda) maupun pihak-pihak swasta lainnya, merupakan langkah yang harus terus terbangun sebagai langkah penting dalam mendorong pencapaian tujuan pembangunan yang di inginkan bersama menuju Jambi mantap.

"Menyadari keberadaan Persikindo sebagai wadah organisasi yang meliputi seluruh anggota dan mewakili berbagai elemen dan lapisan masyarakat memang bukanlah hal yang mudah untuk terus menjaga eksistensi dan kebersamaan di tengah-tengah masyarakat maupun pemerintah sebagai elemen yang mengayomi dan memayungi," jelasnya.

Berbagai upaya untuk terus mengibarkan Panji organisasi pun terus dilakukan begitu juga dengan membangun kepercayaan yang senantiasa menjadi modal dasar dalam membangun hubungan dengan Mitra strategis dalam mendorong kemandirian dan keberhasilan para anggota maupun masyarakat pada umumnya.

"Alhamdulillah pada kesempatan ini kami sampaikan bahwasanya Persikindo akan melaksanakan pelatihan bekerja sama dengan Kesbangpol yang pada pokoknya terus melakukan kerjasama dengan mitra-mitra bisnis serta organisasi lainnya," ujarnya.

Begitu juga halnya dengan aktivitas sosial kemasyarakatan keagamaan kemanusiaan dan keorganisasian yang telah banyak dilakukan Persikindo."Salah satunya seperti kegiatan kita pada hari ini melakukan seminar pelatihan sesuai dengan misi, selain program UMKM dan koperasi yang berwawasan ekonomi dan berdasarkan ideologi Pancasila pada era pasar bebas saat ini," terangnya.

Selain itu, Linda mengungkapkan dalam pelatihan tersebut juga merupakan salah satu bentuk membangun keakraban dan silaturahmi serta menjaga harkat martabat wanita Indonesia yang ukhuwah. Baik secara individu maupun antar organisasi pemerintah, Mitra dan masyarakat pada umumnya persikindo dalam menghadapi pasar bebas harus banyak melakukan hal yang kreatif inspiratif dan inovatif dalam menghadapi persaingan," bebernya.

Mereka berharap apapun yang telah Persikindo lakukan, kerjakan semoga bermanfaat bagi semua serta membawa berkah dan keberkahan bagi semua. "Akhirnya dengan tanpa mengurangi rasa hormat pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk mengemban simpul organisasi yang kita cintai ini," tegasnya.

Persikindo juga mengucapkan terimakasih kepada Istri Gubernur Jambi Hj Hesti yang bertindak sebagai Dewan Penasehat atas seluruh dukungan yang telah diberikan kepada organisasi Persikindo sehingga terus berkiprah di tengah-tengah masyarakat yang hegemoni ini."Kami berharap kepada ibu Gubernur selaku dewan penasehat dapat bekerja sama untuk memberikan pelatihan seminar workshop dan lain-lain terima kasih," pungkasnya.(afm)





Artikel Rekomendasi