Gelar Pengabdian Masyarakat, LP2M UNJA Buat Pelatihan Business Plan



Jumat, 16 Oktober 2020 - 21:50:31 WIB



Sesi diskusi pelatihan Business Plan LP2M UNJA
Sesi diskusi pelatihan Business Plan LP2M UNJA

JAMBERITA.COM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Jambi menggelar pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan membuat perencanaan bisnis (Business Plan) medio Agustus 2020 lalu. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) dan pelatihan ini ditujukan untuk pemberdayaan Kelompok Usaha bersama Majelis Taklim.

Kegiatan yang berlokasi di desa Koto Rendah Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci ini diikuti oleh ibu-ibu RT yang memiliki kegiatan bersama pada majelis taklim dan kelompok usaha bersama Raudhatul Jannah yang diketuai oleh ibu Harlina. Diantaranya ada yang berprofesi sebagai pembuat dan penjual kue, pedagang dan pembuat bibit cabe, terong, dan kayu manis; distributor beras dan hasil tani, pedagang kelontong dan pengrajin anyaman.

Menurut Musnaini, salah seorang narasumber , peserta pelatihan belum pernah mengetahui bagaimana cara membuat perencanaan usaha (business plan). “Usaha mereka dijalankan secara parsial, sendiri-sendiri, tanpa melibatkan jaringan atau anggota kelompok pengajian/UMKM/ KUBE,” papar dosen Jurusan Manajemen FEB UNJA yang akrab disapa Nain ini.

Nain melanjutkan, antusiasme peserta sangat tinggi dan bersemangat , terutama setelah mengetahui pentingnya membuat rencana bisnis yang sistematis dan terarah. Karena keseriusan peserta mengikuti pelatihan, mereka mampu membuat rencana bisnis yang sederhana namun dinamis. “Pada sesi akhir pelatihan peserta dibagi menjadi 3 kelompok, ada distributor, kuliner dan Palawija. Setiap kelompok merancang perencanaan bisnis dalam bentuk model canvas,” jelas Nain.

Diakhir sesi peserta berharap agar terus didampingi dalam membuat Business Plan untuk pengembangan usaha mereka. Mereka juga meminta pelatihan dan pendampingan dalam aspek strategi pemasaran dan laporan keuangan.

Peserta juga berharap, untuk peningkatan omset agar mereka dibimbing untuk menjadi startup dan melakukan pemasaran secara online. Sehingga produk mereka tidak hanya dapat dipasarkan secara lokal, tapi juga nasional.

Adapun narasumber dari kegiatan ini adalah Dr. Musnaini, SE.,MM; Dr. Zulfina Adriani SE.,MMA; Dr. Besse Wediawati,SE,M.Si; Hj. Rts. Ratnawati,SE.,MM dan Dessy Elliyana,SE.,M.Si. (*)

 







loading...