Apif Dipecat Zola 6 Bulan Sebelum OTT KPK



Kamis, 07 Juli 2022 - 15:45:36 WIB



JAMBERITA.COM- Dalam pledoi di Pengadilan Negeri Jambi, Kamis 7 Juli 2022, pagi tadi, Apif Firmansyah menyampaikan jika tak lagi bersama zola enam bulan sebelum OTT KPK yakni 23 Mei 2017.

Kepada hakim Tipikor, Apif menjelaskan kronologis pemecatannya.

"Saya di telepon Zumi Zola sekitar pukul 19.00wib, yang meminta saya datang ke kampung manggis, kediaman orang tua beliau Zulkifli Nurdin. Saat saya sampai HP saya langsung diambil, saya dimasukkan ke dalam kamar dan dikunci,"ujarnya.

"Selama 4 jam saya dimarahi, ditampar, dilempar dengan botol minuman dengan berbagai macam kata-kata kasar bahkan mereka menghina almarhum Bapak saya dan keluarga saya, dan sampai detik ini masih membekas diingatan saya,"ujarnya.

Zumi Zola, kata Apif, sedang berada di sana. Melihat kejadian itu, Zumi Zola sempat pingsan.

"Intinya kekecewaan Zulkifli Nurdin kepada Zumi Zola dilampiaskan kepada saya atas tidak terpilihnya Adi Fahrial menjadi Kadis PU Provinsi Jambi.  Hari itu merupakan hari terakhir saya komunikasi dan bertemu Zumi Zola,"katanya.

Apif Firmansyah mengaku baru kembali bertemu Zumi Zola saat menjadi saksi di persidangan Zumi Zola diPengadilan Tipikor Jakarta.

"Setelah OTT KPK November 2017, saya sering diperiksa sebagai saksi di penyidikan maupun di proses persidangan. Selama proses tersebut saya kooperatif, seluruh panggilan di penyidikan maupun persidangan untuk tersangka lain saya hadiri dan saya memberikan keterangan sesuai dengan yang saya ketahui,"ujarnya.

Dari pemeriksaan sebagai saksi tahun 2018, Apif sudah mengakui perbuatan dan kesalahannya. Atas kesadaran itu pula, Apif mengembalikan uang yang dipakai saat menjadi asisten pribadi.

"Saat itu saya sudah menanyakan ke penyidik atas nama Edwar Zulkarnain, berapa yang harus saya kembalikan karena saya tidak begitu ingat lagi terkait aliran dana. Menurut penyidik pada saat itu kembalikan saja sesuai kemampuan saya. Akhirnya saya mengangsur mengembalikan dengan total Rp 450 Juta,"katanya.(*)





Artikel Rekomendasi