Jelang Suksesi Demokrat Jambi, Posisi Cikbur di Atas Angin



Selasa, 07 September 2021 - 16:52:34 WIB



Burhanuddin Mahir
Burhanuddin Mahir

JAMBERITA.COM- Jelang Musyawarah Daerah (MUsda) Demokrat Provinsi Jambi, Posisi sang petahana Burhanuddin Mahir (Cik Bur) berada di atas angin. Meski masih terbuka bagi para penantang yang ingin menggeser posisi Mantan Bupati Muaro Jambi dua periode ini.

Saat ini Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi ini sudah mengantongi 8 dukungan tertulis. Ada tiga DPC yang hingga saat ini masih belum memberikan dukungan. Sementara dalam persyaratan, syarat untuk maju adalah dukungan tiga DPC.

Saat ini ada sejumlah nama beken yang berpotensi maju seperti anggota DPR RI, Zulfikar Ahmad. Ada juga Ketua DPC Demokrat Tebo, Syamsu Rizal. Artinya calon meraih dukungan 3 DPC saja, maka pertarungan head to head di Musda tidak terelakkan.

Sekretaris DPD Demokrat, Mirza Hafiz mengatakan syarat untuk maju menjadi calon ketua adalah 20 persen. Ini diatur dalam AD/ART partai. Artinya minimal 3 dukungan DPC.  “Kalau dihitung, tiga DPC ini masih bisa mengusulkan satu calon,” ujarnya, Senin (6/9/2021) kemarin.

Mirza menyebutkan, saat ini belum ada kandidat yang muncul selain Cik Bur. Tapi bisa saja setelah adanya jadwal Musda ada nama lain yang juga berminat untuk menjadi Ketua partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tersebut.

“Sekarang belum ada, bisa saja nanti muncul nama lain. Apalagi pendaftarannya memang belum dibuka,” ungkapnya.

Lalu kapan Musda dilakukan? Mirza Hafiz mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan jadwal Musda kepada DPP. Hanya saja hingga saat ini belum kabar terbaru terkait pelaksanaan hajatan pergantian ketua tersebut.
“Kita usulkan awal bulan ini, tapi belum ada jawaban dari DPP. Bisa saja oktober atau November nanti,” ucapnya.

Menurutnya, DPP Demokrat saat ini mengutamakan beberapa daerah lain yang juga menggelar Musda. Daerah itu di dahulukan karena sebagian besar aklamasi. “Yang jelas kita tunggu saja. Kalau periodesasi kepengurusan saat ini berkahir November,” sebutnya.

Bagaimana dengan Kabupaten/kota? Mirza mengaku, sebagian besar kepengurusan DPC habis tahun depan. Sehingga setelah rampungnya Musda DPD, maka akan dilanjutkan dengan Muscab Kabupaten/kota. “Ada beberapa yang sudah plt, tapi tahun depan mayoritas sudah habis semua,” pungkasnya.(sm)





Artikel Rekomendasi