Cerdas Memilih Organisasi Kampus  



Sabtu, 22 Desember 2018 | 12:53:12 WIB



Widia Ningsih
Widia Ningsih

Oleh: Widia Ningsih*

Anda ingin menjadi mahasiswa yang mapan IPK atau cerdas berorganisasi, atau memilih keduanya?. Tugas utama menjadi seseorang mahasiswa adalah menuntut ilmu pengetahuan dan dapat menamatkan pendidikan tepat waktu. Kemudian siapa yang tak ingin memiliki IPK yang tinggi, hampir seluruh mahasiswa pasti menginginkan hal itu,  hal ini tentu tidak di dapat dengan hal sepele, sebagai mahasiswa anda harus memfokuskan diri anda pada setiap pelajaran di kampus agar lebih memahami dan mengerti yang akan mengantarkan anda pada IPK yang tinggi dan menyelesaikan perkuliahan tepat waktu. Hal ini tentu akan sulit dilakukan jika anda membagi fokus anda dengan hal yang lain, banyak berorganisasi misalnya.

Di sisi lain ada yang berpandangan bahwa sebagai mahasiswa, sangat di sayangkan apabila tidak berperan aktif dalam mengikuti organisasi baik organiasi intrernal maupun organisasi eksternal kampus. karna didalam organisasi kita akan mendapatkan banyak keuntungan seperti menggali potensi diri, mendapat wawasan, mendapat passion serta goals yang baru dalam kehidupan selain itu didalam organisasi kita akan mendapat segudang pengalaman, di dunia organisasi juga kita akan mendapat koneksi atau jaringan yang memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan dunia luar, dunia kerja misalnya. di dalam berorganisasi itu sendiri anda bisa mendapat banyak manfaat yang tentunya berguna untuk kehidupanmu di masa depan.

Dibalik segudang manfaat berorganisasi ternyata banyak pula isu dan bukti mahasiswa yang santer terdengar lho,, seperti banyak mahasiswa yang perkuliahanya menjadi berantakan, IPK yang anjlok, hingga banyak mahasiswa yang tak kunjung tamat karna banyaknya organisasi yang diikuti. Pernyataan ini tak sepenuhnya salah, karna memang jika tidak dibarengi manajemen waktu yang baik maka organisasi akan mengganggu perkuliahan anda. Anda tidak mau bukan jika harus menjadi mereka yang disebut sebagai mahasiswa abadi atau mahasiswa yang tak kunjung tamat karna berbagai organisasi yang anda ikuti. Lantas, bagaimana seharusnya?...

Yang harus anda lakukan adalah mengenali diri sendiri dengan mengenali passion anda, siapa sebenarnya anda dan apa potensi yang anda miliki. Hal ini penting agar anda tidak terombang ambing di suatu organisasi yang tidak sesuai dengan diri anda. Dengan memahami passion anda, anda dapat menyalurkan minat dan bakat atau sumbangsih anda pada organisasi yang tepat dan anda tentunya akan lebih nyaman berada di organiasasi yang sesuai dengan passion anda.

Kedua, selektiflah dalam memilih organisasi, karna fakta nya banyak organisasi saat ini yang kurang berkompeten, banyak yang hanya kongkow-kongkow ria tanpa ada manfaat didalamnya. Lalu bagaimana agar kita tahu apakah organisasi itu baik?.. caranya adalah dengan banyak bertanya pada senior untuk konsultasi akan organisasi mana yang baik untuk diikuti, kemudian anda juga bisa melihat nya dari gerak-gerik dan kontribusi dari suatu organisasi, seberapa besar sumbangsih yang diberikan terhadap kemajuan kampus dan mahasiswanya. Jika hanya membuat sensasi dan pandai kritik tanpa solusi, organisasi seperti itu tak perllu anda ikuti.

Ketiga, jangan pernah coba-coba. Termasuk kesalahan fatal yang sering kali dilakukan mahasiswa adalah coba-coba. Akibatnya anda akan terombang ambing mengikuti banyak organisasi tanpa tahu kearah mana organisasi tersebut melaju. Hal ini yang akan membuat anda berjalan tanpa tujuan dan hanya akan menghabiskan waktu kuliah anda.

Keempat, manajemen waktu anda dengan baik. Anda tidak mau bukan, jika kuliah anda berantakan karna banyaknya organisasi yang anda ikuti. maka komponen ini menjadi sangat penting apabila anda benar-benar ingin all-out dalam berorganisasi. anda bisa mengikuti beberapa organisasi sekaligus sesuai minat dan bakat anda tanpa mengganggu waktu kuliah anda

Yang terakhir Setelah anda mengenali potensi diri anda, dan anda sudah memilih organisasi apa yang cocok dengan diri anda, maka yang selanjutnya adalah totalitas. Konsekuen layak diterapkan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap pilihan yang anda jatuhkan. Fokuslah terhapap organisasi yang telah anda pilih tanpa meninggalkan kewajiban kuliah anda. Berjalanlah beriringan antara kuliah dan organisasi dengan manajemen waktu yang baik sehingga anda dapat menjalani perkuliahan tanpa gangguan dan anda pun dapat menggali potensi dan menyalurkan bakat anda dengan sukses di dalam organisasi.

Seberapa tinggi IPK anda, seberapa lama anda akan lulus dan seberapa besar keinginan anda untuk menggali potensi anda, semua itu bergantung pada diri anda sendiri dan seberapa besar anda ingin berusaha. Sebanyak apapun organiasi yang anda ikuti, selagi anda dapat memenej waktu anda dengan baik dan tak mengenyampingkan tugas utama anda berkuliah maka IPK tinggi dengan berbagai manfaat dalam berorganisasi dapat anda petik sekaligus. Kuncinya hanya satu. Pastikan anda tidak gagal dilangkah pertama, sebab langkah keseribu ada setelah langkah pertama dimulai.(*)

 

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Universitas Jambi)





loading...