Kiprah Pit Arzuna, Caleg PAN Dapil Kota Jambi Untuk DPRD Prov Jambi: Getol Perjuangkan Perempuan



Jumat, 19 Januari 2024 - 17:32:39 WIB



Hj Pit Arzuna SAg MM
Hj Pit Arzuna SAg MM

JAMBERITA.COM- Nama Hj Pit Arzuna tentu sudah tidak asing di kalangan politisi di Jambi. Ini karena Mantan Ketua KOHATI HMI Cabang Jambi membuktikan loyalitas untuk berkiprah di Partai Amanat Nasional (PAN) sejak Tahun 2000.

Ia juga membuktikan diri sebagai politisi Perempuan yang selalu pro dalam memperjuangkan Perempuan lewat sejumlah organisasi yang digawanginya. 

Sebagai kader PAN yang bergerak dari bawah, Pit ingin politisi Perempuan menjalani proses. Tidak menjadi kader karbitan. Selain itu Ia ingin Perempuan bukan hanya menjadi pengurus pelengkap saja di partai politik tapi juga bisa mewarnai Keputusan partai.

“Saya senang bisa berkarir dari bawah. Hingga kemudian saat ini menjabat sebagai bendahara selama dua periode,” kata Pit putri dari pasangan H. SOEHEILY QARI, Pensiunan depsos/LVRI Prov. Jambi) dan iHj.Djusna Anwar, Pensiunan Guru di SMPN 1 Jambi.

Kini bungsu dari 10 bersaudara ini Kembali melanjutkan ikhtiar politiknya untuk merebut kursi DPRD Provinsi Jambi melalui Dapil Kota Jambi Partai Amanat Nasional. Meski sudah dua kali mengikuti ajang kentestasi ini, Pit pantang menyerah. “Kelemahan kita perempuan mungkin Sebagian besar soal modal. Tapi saya tetap optimis dengan modal sosial yang kita punya, jaringan. Mudah-mudahan kami bisa bersaing. Intinya kalau Masyarakat memilih dan Allah menakdirkan, Insya Allah,” katanya.

Menurutnya, jika dirinya terpilih makan isu Perempuan dan anak akan menjadi focus utamanya. Apalagi selama ini ia banyak berkecimpung dalam perjuangan untuk melakukan edukasi ke Perempuan lewat berbagai organisasi keperempuanan di Jambi.

“Makanya Insya Allah jika terpilih, Program terkait persoalan Perempuan dan anak menjadi focus terutama terkait dengan Pendidikan, Kesehatan dan lapangan pekerjaan bagi Perempuan. Semua itu bisa berjalan jika ada intervensi dan focus dari pemerintah untuk memperjuangkannya,” lanjut Perempuan Kelahiran 1973 ini.

Alumni IAIN STS Jambi dan Megister Manajemen dari Unsri Palembang ini berharap Masyarakat bisa memilih secara cerdas. Tidak terpengaruh money politic. “Bagi saya berjuang untuk Perempuan sudah saya lakukan sejak menjadi aktivis mahasiswa. Bahkan berlanjut hingga saat ini. Insya Allah jika diberikan Amanah makan tentu perjuangan tidak lagi di jalanan dan forum forum diskusi tapi sudah disuarakan langsung di Gedung DPRD,” kata Ibu dari M Rizki Akbar Ramadhan.

Menurutnya, Orang tuanya yang merupakan veteran mengajarkan untuk berbuat tanpa pamrih. Itu juga yang membuat tidak pernah meninggalkan dunia aktivis dan tetap memimpin sejumlah organisasi Perempuan. Salah satunya sebagai Ketua Foirum Alumni HMI-Wati (FOrhati) Provinsi Jambi.

Di Tingkat partai, dirinya juga sudah menyelesaikan berbagai pelatihan untuk menjadi bekal menjadi politisi diantaranyaLKAM DPW PAN di Jakarta tahun 2006. LKAU DPP PAN Tahun 2006, Pelatihan politik Perempuan bagi Lembaga Masyarakat oleh Kementrian Perempuan tahun 2007, Lokakarya perkaderan DPP PAN di Jakarta Tahun 2011, Training Leadership di Jakarta tahun 2012 dan training penyelesaian sengketa utusan Jambi di Cisurua Jakarta.

Seemntara sebelumnya saat aktif di kampurs, Pit juga menjabat Ketua BPMF Syariah, Ketua Komisariat HMI, Wasekum HMI Cabang Jambi, Ketua Umum Kohati HMI Cabang Jambi, Ketua KOHATI Badko Sumbagsel.

Di organisasi Perempuan ada Sekretaris BMOIWI Provinsi Jambi 2003-2009, Sekretaris Wanita Islam Provinsi Jambi 2005-2009, Wakil Sekretaris BKOW Provinsi Jambi 2006-2010, Wakil Ketua Asyiatul Aisyiyah Provinsi Jambi 2005-2009, Wakil ketua Forsap Provinsi Jambi 2008-2011, Bendahara TP PKK Provinsi Jambi 2008-2010, Panitia Besar Harganas dan BBGRM di Jambi tahun 2008, Pengurus KPPI Jambi 2016-2021 dan ketua umum MW Forhati Provinsi Jambi 2021-2026.

“Semoga pengalaman ini menjadi pertimbangan bagi Masyarakat Kota Jambi untuk memilih kami caleg PAN dapil Kota Jambi,”pungkasnya.(adm)





Artikel Rekomendasi