Pemusatan dan Pelatihan Paskibraka Provinsi Jambi Resmi Dibuka



Sabtu, 06 Agustus 2022 - 09:30:11 WIB



Anggota Paskibraka.
Anggota Paskibraka.

JAMBERITA.COM - Sebanyak 54 anggota Paskibraka Provinsi Jambi hasil seleksi dari sebelas kabupaten kota mulai memasuki tahapan pemusatan dan pelatihan, Jum'at (5/8/2022). Sekda Provinsi Jambi Sudirman mengatakan, mereka akan mengikuti rangkaian pelatihan pembinaan menjelang melaksanakan tugas pada 17 Agustus 2022 mendatang di lapangan Kantor Gubernur Jambi.

"Mereka akan mengibarkan dan menurunkan bendera, pagi dan sore. Mudah-mudahan mereka bisa melaksanakan tugas dengan baik," katanya setelah resmi membuka acara tersebut, di Ratu Hotel.

Sudirman meyakini bahwa semua anggota paskibraka yang dinyatakan lulus seleksi ke tingkat Provinsi Jambi ini mampu menjalan tugas. Dan selama proses pelatihan para Paskibraka juga akan diberikan pembinaan karakter termasuk mental. "Intinya mudah-mudahan mereka bisa menjalankan tugas dengan baik, kami yakin dan percaya bisa sukses seperti Paskibraka tahun tahun sebelumnya," harapnya.

Sebelumnya juga Sudirman mengungkapkan bahwa dua anggota Paskibraka Perwakilan Provinsi Jambi juga akan bertugas dan sudah dikirim ke Jakarta untuk mengikuti rangkaian pelatihan sebelum pelaksanaan HUT RI 17 Agustus 2022. "Nanti InsyaAllah juga akan dilakukan pengukuhan, jadi adik-adik harus mampu jangan ada keraguan selama proses pelatihan. Ini momen terbaik untuk menunjukkan jati diri pada waktunya nanti 17 Agustus 2022," jelasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) melalui Kabid Pengembangan Pemuda R. Dikcy Rahmat Toha menyampaikan maksud diselenggarakan kegiatan ini adalah dalam rangka mensukseskan peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke 77 tahun 2022, untuk mempersiapkan Paskibraka yang siap melaksanakan tugas sebagai pengibar dan penurun duplikat bendera pusaka, memberikan bekal pengetahuan keterampilan baris-berbaris.

"Memahami akan arti dan makna bendera sang merah putih, meningkatkan semangat patriotisme rasa cinta tanah air, semangat kebangsaan, mengembangkan sikap disiplin bertanggung jawab dan penuh percaya diri serta beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa," tuturnya.

Para peserta Pembina dan pelatihan Paskibraka adalah utusan kabupaten kota yang telah lulus seleksi tingkat Provinsi, kota Jambi sebanyak 9 orang Muaro Jambi 8 orang, Batanghari 3 orang, Tebo 3 orang, Bungo 7 orang, Sarolangun 6 orang Merangin 6 orang Kerinci 3 orang, Kota Sungai Penuh 2 orang, Tanjab Timur 1 orang, Tanjab Barat 6 orang dan jumlah 54 orang.

"Sedangkan pembinaan dan pelatihan Paskibraka dilaksanakan dari 5 agustus sampai 18 Agustus, di hotel Ratu kota Jambi, lapangan kantor gubernur dan jadwal kegiatan mulai pukul 07.30 sampai jam 12.00, kemudian jam 14.00 sampai 17.00 dan akan dilanjutkan dengan kegiatan klasikal dari jam 19.30 sampai jam 22.00 WIB.

"Materi yang diberikan pada pembinaan dan pelatihan diawali dengan penjelasan program. Kemudian peraturan baris-berbaris, public speaking, bahaya narkoba bagi remaja, membangun mindset positif, pembinaan akhlak dan budi pekerti, tindakan pelanggaran hukum di kalangan generasi muda, motivasi dan tanggung jawab Paskibraka," jelasnya.

Materi selanjutnya yaitu, wawasan kebangsaan dan pemahaman 4 pilar kebangsaan, pencegahan stunting untuk masa depan generasi muda yang lebih baik, latihan fisik dan PBB latihan Farmasi 17 8 dan 45, latihan gabungan pasukan 8 17 dan 45, renungan jiwa pengukuhan Paskibra, pengibaran duplikat bendera pusaka penurunan duplikat bendera pusaka.(afm)





Artikel Rekomendasi