Diadukan Ratu ke Ketua DPRD, Keluhan POPTI Jambi di Rumah Sakit Akhirnya Temukan Solusi



Jumat, 24 Juni 2022 - 12:38:37 WIB



Kepala Seksi Jaminan Kesehatan, Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Helfiyan Anum.
Kepala Seksi Jaminan Kesehatan, Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Helfiyan Anum.

JAMBERITA.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jambi bersama dengan pihak Rumah Sakit, BPJS Cabang Jambi dan Perhimpunan Orang Tua Penyandang Thalasemia Indonesia (POPTI) akhirnya kembali duduk bersama di Dinkes Provinsi Jambi, Jum'at, (24/6/2022).

Duduk bersama antara pihak terkait merupakan tindaklanjut dari keluhan POPTI. Dimana sebelumnya, adanya dugaan penolakan terhadap pasien di Rumah Sakit, sehingga diadukan kepada Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto oleh Pembina POPTI yakni Ratu Munawaroh.

Tidak tinggal diam, setelah dihadapkan dengan kondisi para orang tua sekaligus pasien Thalasemia di Ruang Kerja nya, Edi Purwanto pun langsung memanggil Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jambi serta mendesak Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk mengambil peran dalam memecahkan persoalan tersebut.

"Kami dari Dinas Kesehatan memfasilitasi dan memberikan ruang kesempatan kepada POPTI yang selama ini ada keluhan di Rumah Sakit," kata Kepala Seksi (Kasi) Jaminan Kesehatan Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Provinsi Jambi, Helfiyan Amnun setelah rapat.

Helfiyan mengatakan, selama ini terjadi penumpukan pasien Thalasemia di Rumah Sakit Abdul Manap. Sehingga pasien Thalasemia harus dibagi dan disebar ke Rumah Sakit lain agar pelayanan kesehatan dapat lebih optimal.

"Sebenarnya semua Rumah Sakit untuk rujukan tingkat II itu sudah bisa melayani rujukan Thalasemia, tapi selama ini terjadi penumpukan di salah satu Rumah Sakit yakni Abdul Manap. Jadi pasien Thalasemia harus di distribusikan," jelasnya.

Sejauh ini, pihak BPJS Cabang Jambi sudah merekomendasikan pasien Thalasemia ke 12 Rumah Sakit yang ada di Kota Jambi maupun 3 Rumah Sakit di Kabupaten.

Rumah sakit di Kota Jambi yaitu RS Theresia, RS Siloam, RS DKT, RS Ar-Rafah, RS Kambang, RS Raden Mattaher, RS Royal Prima, RS Mitra, RS Annisa, RS Abdul Manap, RS Baiturrahim dan RS Bhayangkara.

Serta 3 Rumah Sakit di Kabupaten yaitu, RS Ahmad Ripin di Muaro Jambi, RS Daud Arif di Tanjung Jabung Barat dan RS Abundjani Bangko.(sap)





Artikel Rekomendasi