Dinkes Provinsi Jambi Lakukan Pertemuan BIAN, Batanghari Mendapat Capaian Tertinggi



Jumat, 17 Juni 2022 - 20:02:41 WIB



JAMBERITA.COM - Dinas Kesehatan Provinsi Jambi berkerjasama dengan Unicef melaksanakan pertemuan evaluasi pencapaian Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Kabupaten Kota se Provinsi Jambi di Hotel Sang Ratu. Jum'at, (17/6/2022).

Kegiatan dilaksanakan bersamaan dengan pertemuan koordinasi lintas sektor dalam pelaksanaan pencegahan dan pengendalian penyakit Covid 19.

Kasi Surveilance dan Imunisasi Dinas Kesehatan provinsi Jambi dr. Dini Silvia mengatakan bahwa momentum BIAN ini terdiri dari program imunisasi tambahan yaitu campak rubella bagi anak usia 9 bulan sampai dengan 12 tahun dan imunisasi kejar bagi anak – anak yang belum mendapatkan OPV, IPV dan DPT-HB-Hib.

"Per 16 Juni kemarin ada 4 kabupaten dengan cakupan BIANnya tinggi, diantaranya kabupaten Batanghari dengan cakupan sudah diatas 100 persen, Tanjung Jabung Timur 58.82 persen, Sarolangun 44.81 persen dan Tanjung jabung Barat 43.14 persen," ujar Dini.

Secara berurutan, berikut capaian BIAN kabupaten kota di provinsi Jambi. Kota Sungai Penuh dengan capaian 40.93 persen, Tebo 37.86 persen, Muaro Jambi 36.96 persen, Bungo 30.24 persen, Kota Jambi 29.67 persen, Kerinci 18,51 persen dan Merangin 9.40 persen.

Sedangkan untuk cakupan imunisasi kejar, dr. Dini mengatakan provinsi Jambi masih sangat rendah dengan OVP 7.62 persen, IVP 2.11 persen dan DPT-HB-Hib 16.34 persen. 

"Sehingga harus juga difokuskan oleh petugas kesehatan di Puskesmas. Dinas Kesehatan provinsi hanya memfasilitasi pertemuan, yang memiliki fasilitas pelayanan kesehatan seperti Puskesmas adalah Dinas Kesehatan kabupaten kota," jelasnya.

Pada kesempatan ini Dinas Kesehatan Provinsi Jambi juga memberikan apresiasi kepada tiga kabupaten dengan capaian BIAN tertinggi. Yaitu kabupaten Batanghari, Tanjung Jabung Timur dan Tanjung Jabung Barat.

"Ini semua hanya sebagai penyemangat saja, bukan pilih kasih dan kita akan lakukan evaluasi program BIAN ini lagi sampai target kita tercapai yakni 95 persen," sebutnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, dr. Elfie Yenni yang menerima penghargaan atas capaian tertinggi imunisasi BIAN Provinsi Jambi mengucakan terimakasih kepada seluruh pihak, sehingga kabupaten Batanghari dapat mencapai BIAN tertinggi.

“ Alhamdulillah, kami berterimakasih kepada Dinas Kesehatan provinsi dan Unicef yang ikut berperan dalam pencapaian BIAN di Batanghari, kami bersyukur juga lintas sektor yang hadir dalam pertemuan tanggal 27 Mei berkomitmen dan membantu secara penuh dan berjenjang dalam pelaksanaan BIAN di Batanghari, baik dari unsur camat, kepala Desa, Dinas Pendidikan, Kemenag, PKK, Dinas PMD dan unsur TNI/Polri," ucap Elfie. (*/)



Artikel Rekomendasi