Komunitas "Peduli Tani" Resmi Dibentuk di Provinsi Jambi



Minggu, 21 November 2021 - 07:31:49 WIB



JAMBERITA.COM- Melihat kondisi dunia pertanian dengan berbagai dinamika permasalahan yang selama ini dihadapi tiada henti dan terus menerjang perekonomian petani.

Ditambah lagi kondisi gagal panen di berbagai daerah di Indonesia membuat semua stakeholders mengalami kerasahan dan harus cepat dicarikan solusi yang tepat guna mengurangi masalah.

Selanjutnya juga dihadapkan dalam situasi pandemi covid -19 membuat para petani sulit dalam memasarkan produknya serta kondisi cuaca yang tidak menentu.

Permasalahan tersebut harus dipelajari dan dipahami oleh para pemuda yang akan dan sedang menekuni bidang pertanian, maka dari itu sangat dibutuhkan gerakan secara nyata guna menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi. 

Terbentuknya komunitas Peduli Tani didasarkan atas permasalahan diatas serta bentuk nyata yang akan dilaksanakan sebagai upaya membantu dan mensejahterahkan para petani.

 Salah satu misi yang dibawak oleh komunitas Peduli Tani adalah "membangun kesadaran dan kepedulian pemuda dalam pengembangan dunia pertanian". 

"Peran pemuda hari ini untuk masuk dalam dunia pertanian sangat diharapkan dengan saling berkoordinasi dengan berbagai pihak yang terlibat baik dalam kebijakan pertanian dan lain sebagainya," Ujar Ramaditya Khadifa Firdaus selaku promotor komunitas Peduli Tani. 

Langkah ini harus diambil sebagai salah satu solusi mengatasi masalah yang dihadapkan petani. 

"Tentunya juga melibatkan para pemuda dan mahasiswa yang sudah menyelesaikan studinya khusus dibidang pertanian, "Lanjutnya". Harapannya adalah komunitas Peduli Tani ini memang benar-benar menjadi wadah penyambung antara petani dengan pihak-pihak terkait guna menjawab persoalan-persoalan yang tengah dihadapi oleh petani baik dari hulu sampai ke hilirisasinya,".(*)



Artikel Rekomendasi