Mahasiswa Posko 2 KKN Tematik UNJA 2021 Gelar Pelatihan Budidaya Sayuran Hidroponik



Jumat, 05 November 2021 - 13:23:42 WIB



JAMBERITA.COM- Guna melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, Posko 2 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Jambi adakan pelatihan budidaya sayuran hidroponik. Kegiatan ini diadakan pada Kamis, 04 November 2021 pukul 14.00 WIB s.d selesai secara langsung di Balai Desa Pulau Betung, Pemayung, Batanghari, Jambi.

Para peserta yang hadir pada kegiatan tersebut terdiri dari setiap komponen masyarakat di Desa Pulau Betung.  Dalam pelatihan Budidaya Sayuran Hidroponik, seluruh peserta yang mengikuti kegiatan mendapatkan materi, keterampilan, serta membawa sayuran contoh hasil budidaya hidroponik. Adapun pelaksanaan kegiatan tersebut terbagi dengan dua sesi yaitu sesi pertama pemaparan pembekalan materi dan sesi kedua pelaksanaan praktik lapangan.

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Camat Pemayung Kabupaten Batanghari, Moh. Syaifuddin, S.E. Dalam sambutannya, Moh Syaifuddin menyampaikan, Pelatihan budidaya sayuran hidroponik merupakan kegiatan yang dapat membekali masyarakat untuk dapat berinovasi dalam pertanian terutama dalam menanam sayuran. Keunggulan dari sayuran yang ditanam secara hidroponik, diantaranya kualitas sayuran yang dipanen lebih unggul sehingga harga sayuran yang dijual relatif tinggi dibandingkan sayuran konvensional yang biasa dijual, maka dari itu upaya peningkatan perekonomian masyarakat lebih pesat.

Camat Pemayung mengapresiasi atas kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Mahasiswa Posko 2 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik UNJA. Beliau mengharapkan, luaran dari pelaksanaan pelatihan budidaya sayuran hidroponik dapat terus berkelanjutan dan konsisten dilaksanakan oleh masyarakat. Turut hadir membersamai pada kegiatan tersebut, Sekretaris Desa Pulau Betung, Ketua BPD Desa Pulau Betung, dan Kanit Intelkam Polsek Pemayung Batanghari.

Ketua Posko 2 KKN Tematik Universitas Jambi, Riqky Ananda Putra, menjelaskan tujuan dari Pelatihan Budidaya Sayuran Hidroponik ini yaitu untuk mengenalkan budidaya sayuran hidroponik, dan meningkatkan produktifitas masyarakat pada bidang pertanian dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat serta juga mengabdikan ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat di Desa Pulau Betung. “Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk mengenalkan budidaya sayuran hidroponik, kemudian masyarakat dapat produktif dalam melakukkannya sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Pulau Betung," jelasnya.

Lebih lanjut, Riqky juga berharap agar segenap masyarakat di desa pulau betung ikut serta dalam menerapkan budidaya sayuran hidroponik. “Harapannya agar seluruh masyarakat ikut menerapkan pelatihan ini di rumah masing-masing nantinya,” harapnya.(*/sm)



Artikel Rekomendasi