Peringati HUT ke-32, MISETA FP UNJA Gelar Program Penyuluhan Pangan dan Aksi Sosial



Minggu, 17 Oktober 2021 - 13:45:38 WIB



JAMBI- Kepala Departemen PSDM MISETA FP UNJA menyambut perayaan ulang tahun yang ke 32 Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonmi Pertanian (MISETA) Fakultas Pertanian Universitas Jambi mencoba terobosan baru melalui sebuah perayaan yang berbeda dari periode sebelumnya.

Konsep baru ini dimaksudkan dengan mencoba mengakomodir salah satu Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian dengan mengadakan suatu kegiatan sosial yang berguna dan implementatif bagi masyarakat luas.

Kegiatan perayaan ini dikemas dengan strategi mengkombinasikan esensi dari sebuah selebrasi ulang tahun dengan kegiatan penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat dalam prespektif sosial ekonomi pertanian.

Perayaan ulang tahun MISETA diadakan secara Hybird di Panti Asuhan Bina Insani yang bertempat di Sipin Kota Jambi dan juga disaksikan serta dihariri beberapa dosen Agribisnis FP UNJA melalui Zoom Meetings pada tanggal 25 September 202.

Harapan dari berlangsungnya kegiatan ini selain membuka kesempatan masyarakat luar untuk mengenal MISETA antara lain adalah untuk membangun rasa kepedulian sosial dengan menambahkan beberapa instrumen-instrumen lain yang tentunya juga dapat mengakomodir dharma akademik dan penelitian dari mahasiswa Agribisnis yang terhimpun dalam MISETA.

Kegiatan perayaan ulang tahun MISETA di Panti Asuha Bina Insani terdiri dari kegiatan ceremonial dan kegiatan penyuluhan serta pemberdayaan masyarakat melalui diadakannya kegiatan dialog akademik yang mengangkat topik pemanfaatan lahan sisa untuk dimanfaatkan menjadi lahan yang bernilai tambah dengan menanam tanaman pangan yang dalam kesempatan ini berupa komoditas Cabai.

Program ini juga bermaksud menyambut baik serta mensukseskan gagasan Pemerintah Indonesia melalui program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dari Kementrian Pertanian. Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) merupakan sebuah konsep lingkungan perumahan penduduk yang secara bersama-sama mengusahakan pekarangannya secara intensif untuk dimanfaatkan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan dengan mempertimbangkan aspek potensi wilayah dan kebutuhan gizi warga setempat.

Selain itu pogram ini juga salah satu bentuk realisasi dari program pertanian berkelanjutan dimana Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo kerap menekankan upaya meningkatkan pemanfaatan pekarangan rumah sebagai sumber pangan keluarga.

Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari merupakan salah satu strategi dalam menjaga ketahanan pangan, terutama di masa pandemi Covid-19.

Kegiatan ini di sambut dengan sangat antusias oleh peserta mulai dari pemberian materi , praktek penanaman Cabai hingga perawatan yang dilakukan oleh peserta yang antara lain adalah penghuni Panti Asuhan Bina Insani.

Hal ini dibuktikan dengan tanaman Cabai yang hingga hari ini tumbuh dengan subur tamna adanya kerusakan ataupu tanaman Cabai yang mati. Pemantaun ini dilakukan sekaligus kunjungan dari MISETA ke Panti Asuhan Bina Insani Melalui Program Aksi Sosial MISETA Mengajar dari Dapartemen Pengabdian Masyarakat.

Aksi Sosial pada hari ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan ketertarikan lebih lanjut bagi penghuni Panti Asuhan mengenai Bahasa Inggris serta melatih penghuni panti agar mampu menjadi pribadi yang lebih berani dalam berkomunikasi serta menyampaikan pendapat di depan umum.

Output yang diharapkan dari kegiatan Aksi sosial ini antara lain adalah menjadikan MISETA sebagai tempat berproses baik bagi anggota MISETA itu sendiri hingga pihak lain salah satunya dengan menumbuhkan serta mempertajam profesionalisme mahasiswa agribisnis dalam kerangka Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Melalui serangkaian kegiatan yang dilaksanakan dapat disimpukan bahwa pengurus MISETA Faperta Unja pada periode 2021-2022 bermaksud untuk mengartikulasikan nilai nilai Sosial Ekonomi Pertanian dalam bentuk Akademik. Pengabdian dan Penelitian yang didapat melalui berhimpun di MISETA.

Harapannya Melalui program-program seperti ini dapat menjadi jembatan mahasiswa Agibisnis atau anggota MISETA untuk mengembangkan potensi dan kualitas diri dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sosial dan akademis kepada masyarakat sekitar.

Melalui gagasan ini MISETA pada saat ini dan seterusnya juga mengharapkan dapat menjadi rahim dalam berproses hingga melahirkan bibit-bibit unggul generasi emas yang nantinya akan menjadi lulusan yang siap bersaing di dunia kerja dan menjadi pribadi yang bermamfaat di keseharian dalam bermasyarakat.

Oleh : Hamdil Fajri





Artikel Rekomendasi