PHP2D SBM UNJA Gelar Pelatihan Pengolahan Limbah Pelepah Sawit Di Desa Sido Mukti Muaro Jambi



Rabu, 27 Oktober 2021 - 21:10:25 WIB



JAMBERITA.COM- Mengangkat tema Zero Waste Lifestyle, Tim Seni Budaya Melayu Universitas Jambi berhasil menggandeng Desa Sido Mukti melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) tahun 2021 yang diselenggarakan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tim PHP2D SBM Universitas Jambi yang dibimbing langsung oleh Dosen Endy Effran, S.P,.M.Si yang beranggotakan 14 mahasiswa terbaik Fakultas Pertanian dengan Ketua Tim  Aliefiyan Ilhamdi.  Judul proposal “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Zero Waste Lifestyle Melalui Pengolahan Limbah Pelepah Sawit Di Desa Sido Mukti Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi”.

Bekerja sama dengan Pemerintahan Desa Sido Mukti dan beberapa elemen masyarakat Tim PHP2D SBM Universitas Jambi, mampu mengolah limbah pelepah kelapa sawit menjadi produk olahan yang memiliki nilai jual yang mampu bersaing dipasar.

Program ini telah dilaksanakan secara bertahap dari tanggal 03 September 2021 yaitu sosialisasi Pengenalan PHP2D kepada masyarakat yang dihadiri langsung oleh Kepala Desa Sido Mukti, Ketua BPD Desa Sido Mukti,  Kepala Dusun, Ketua RT, ibu-ibu PKK dan beberapa Pemuda-Pemudi desa.

Endy Effran, S.P, M.Si. Selaku Dosen Pembimbing mengatakan, hasil dari konsep perancangan dan pengelolaan produk serta sistem secara sistematik. Konsep zero waste lifestyle dilakukan untuk menghindari dan mengurangi jumlah sampah dan SDA yang digunakan.

Program ini dengan tujuan pengelolaan dari limbah pelepah kelapa sawit menjadi kerajinan piring lidi, briket, dan pupuk organik mampu mengembangkan dan menambah nilai  ekonomis limbah pelepah kelapa sawit menjadi produk kerajinan piring lidi, briket, dan pupuk organik, peluang usaha bagi masyarakat dalam pemanfaatan limbah kelapa sawit, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat serta membantu masyarakat Desa Sido Mukti dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar rumah tangga dengan memanfaatkan limbah pelepah kelapa sawit menjadi briket. Lalu produk olahan ini dapat dikenal lebih luas lagi oleh masyarakat luar yang memiliki nilai jual.

Memalui wawancara langsung kepada Kepala Desa Sido Mukti, Bapak Rochimin dan masyarakat menyambut dengan sangat antusias kedatangan para mahasiswa. “dengan adanya kegiatan ini harapan saya adik-adik mahasiwa betah dan mampu bekerja sama dengan masyarakat... .semoga kami selanjutnya masih bisa merasakan program-program yang di bawa oleh adik-adik dari UNJA”.

Ketua tim Tim PHP2D SBM Universitas Jambi melalui Devisi Public Relations (Rydho Yasin) bertrimaksih kepada seluruh masyarakat dan pemerintahan Desa yang telah bersedia menerima dan menyambut program yang diberikan kepada Desa Sido Mukti.(*)



Artikel Rekomendasi