Mc Donald



Jumat, 11 Juni 2021 - 07:06:54 WIB



Beberapa waktu yang lalu, Gerai McDonald's (McD) di kawasan Sipin, Jambi ditutup dan disegel oleh Satpol PP setempat. Penyegelan itu terjadi karena kerumunan yang ditimbulkan karena adanya promo BTS Meal (www.detik.com).

"Tempat ini kita segel dan tutup sementara karena sempat terjadi kegiatan promo untuk driver ojol yang mengakibatkan terjadinya kerumunan. Hal itu juga kita ketahui setelah mendapat laporan dari masyarakat ketika kita lihat sudah tidak mematuhi prokes, apalagi juga terlihat penumpukan oleh driver ojol itu," kata Kasat Pol PP Kota Jambi, Mustari, kepada wartawan, Rabu (9/6/2021).

Penyegelan di Jambi juga terjadi di Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Satpol PP memberi sanksi 32 gerai McDonald's yang ada di wilayah Jakarta terkait kerumunan yang ditimbulkan saat peluncuran promo menu BTS Meal.

Melihat peristiwa penyegelan di Jambi dan Jakarta tidak semata-mata dilihat dari penegakkan tegas kerumuman massa. Tapi dapat dilihat dari berbagai aspek.

Seperti yang ditayangkan oleh (McD), BTS Meal merupakan promo paket kombo spesial yang diluncurkan MCDonald's.Kolaboriasi MCDonald's dan BTS asal Korea Selatan ini akan dinamai khusus dengan nama BTS Meal.

Menu BTS Meal terdiri dari 10 potong Chicken McNugget, french fries ukuran medium, cola ukuran medium, dan saus celup khusus sweet chili (pedas manis) dan cajun yang terinspirasi dari saus celup yang tersedia di McDonald's cabang Korea Selatan.

Untuk kemasannya, BTS Meal menggunakan ungu sesuai warna khas boyband beranggotakan tujuh personil tersebut.

Adapun pemesanan BTS Meal hanya bisa melalui aplikasi mcdelivery dan drivethru (layanan tanpa turun) serta GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood.

Kehebohan dari pesanan BTS Meal melalui GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood kemudian menimbulkan antrian panjang. Dan tentu saja menimbulkan kerumunan. Kegiatan yang dilarang di masa pandemi.

Apabila kita telisik lebih jauh, “kegilaan” anak-anak muda yang berbau Korea (baca korea selatan) sudah menghinggapi generasi muda.

Lihatlah. Berbagai film Korea (drama korea - drakor) menjadi kegiatan akhir pekan. Group musik dari Korea menjadi pembicaraan sehari-hari.

Kemunculan boyband asal Korea Selatan IKON dan Super Junior di panggung upacara penutupan Asian Games 2018 disambut histeris oleh ratusan peserta nonton bareng di Istora Senayan.

Sehingga tidak salah kemudian anak-anak muda begitu menggandrungi “berbau Korea”.

Sebagai fans ataupun penggemar fanatik yang “berbau korea”, Launcing produk BTS Meal kemudian disambut begitu histeris. Saat yang sama kemudian show IKON dan Super Junior di panggung upacara penutupan Asian Games 2018.

Sebenarnya menu BTS Meal  yang yang tersedia di McDonald's cabang Korea Selatan tidak begitu istimewa. Selain cajun yang terinspirasi dari saus celup Khas Korea Selatan.

Begitu banyak makanan Indonesia yang mempunyai ciri khas makanan. Termasuk ayam (Chicken). Ramuan dan khas seperti “Ayam goreng” Mbok Berek.

Rumah makan waralaba ayam goreng tradisional khas Yogyakarta yang berpusat di Jakarta. Rumah makan ini didirikan oleh Ratna Djuwita Umiyatsih Rejeki atau Ny. Umi, yaitu generasi keempat setelah Mbok Berek. Badan hukum yang menangani waralaba Ayam Goreng Mbok Berek milik Ny.

Belum lagi Ayam goreng paniki dimasak dengan santan, lalu digoreng. Biasanya disajikan dengan taburan daun pandan atau daun jeruk.

Ayam goreng lengkuas dari Sunda dikenal sangat lezat. Lengkuas parut yang digoreng ditaburkan di atas ayam. Ayam goreng kremes rasanya gurih, selalu bikin ketagihan. Kremesannya terbuat dari tepung, santan, kuning telur, dan baking powder.

Atau Ayam goreng bumbu kuning sering ditemui di Pulau Jawa. Sebelum digoreng, ayam diungkep bumbu kuning yang terbuat dari aneka rempah.

Atau Ayam goreng terasi dibuat dengan adonan tepung yang dicampur terasi. Ayam goreng lado ijo adalah masakan khas Padang. Daging ayam digoreng disajikan dengan bumbu cabai hijau yang nikmat. Bahkan adanya Ayam goreng jahe dimasak dengan jahe dalam jumlah banyak (Data dari berbagai Sumber)

Jangan tanya rasa ayam bakar Padang. Bumbunya Mulai dari cabe, kemiri, kandis, bawang merah, jahe, hingga santan, dan masih banyak lagi. Semua bumbu itu menghasilkan rasa yang bener-bener khas.

Jadi apabila dibandingkan dengan rasa dan kenikmatan BTS Meal dengan ayam goreng khas Indonesia bak “Bumi dan Langit”. Jauh sekali.

Namun kehebohan pesanan BTS Meal yang harus dipesankan melalui GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood yang menimbulkan antrian panjang dan menyebabkan kerumuman semata-mata harus dilihat dari fans atau penggemar anak-anak muda yang “berbau Korea”.

Nah. Apabila membicarakan fans ataupun penggemar yang fanatik terhadap idolanya tidak semata-mata tawaran produk yang ditawarkan. Tapi yang “berbau Korea” pasti diburu.

Dari sisi inilah maka kemudian kita harus bijaksana menempatkannya. Selain memberikan punisment dari penegakkan hukum pelanggaran prokes diberikan, disisi lain edukasi terhadap bisnis di Indonesia harus juga dilakukan.

Entah dengan terus menerus memberikan informasi prokes, memastikan pelaksanaan prokes dengan baik dan melaksanakan prokes di Lapangan.

Disisi lain, promosi terhadap makanan khas Indonesia juga harus dikampanyekan. Agar anak-anak muda Indonesia tidak terjebak dengan slogan-slogan kosong yang kemudian dikemas “berbau Korea”.

 










loading...