Cegah Penularan Covid 19 ke Anak, Dr Mustarim: Hindari Kontak dengan Orang Berisiko



Sabtu, 17 Oktober 2020 - 16:57:31 WIB



JAMBERITA.COM- Kasus penularan Covid 19 ke anak di Provinsi Jambi saat ini sudah sering ditemukan. Teranyar ada bayi yang berusia 7 hari tertular oleh virus berbahaya ini.

Jika melihat beberapa kasus yang terjadi, bayi dapat tertular Covid-19 selama proses persalinan atau terpapar dari orang yang mengasuhnya.

Sementara itu, kebanyakan anak-anak tertular virus corona dari orang yang tinggal serumah atau anggota keluarganya.

Anak-anak juga bisa tertular virus corona saat bermain atau beraktivitas di luar rumah.

Lalu bagaimana menjaga anak agar tidak tertular oleh Covid-19 ini.

Dokter Spesialis Anak dr Mustarim SpA mengatakan dengan tingginya kasus saat ini maka sangat penting untuk mencegah penularan ke anak. Terutama menghindari kontak dengan orang berisiko termasuk orang tua sendiri.

Ia meminta untuk tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan. Tentu bagi anak-anak ini masih sulit, maka perlu peran orang tua.

Lalu, anak sebaiknya dijauhkan dari kerumunan orang. "Hindarkan anak dari berdekatan dengan siapapun yang mencurigakan. Termasuk orang tua sendiri. Misal Ortu sering keluar kota atau ada kontak dengan pasien poatif," kata Dokter Mustarim.

Ia juga meminta orang tua tetap melakukan imunisasi kepada anak. "Boleh ke dokter. Bila sakit dengan mematuhi protokol covid," lanjut Ketua IDAI Jambi ini.

Selain itu, keluarga yang sering dari luar kota harus isolasi. Jaga jarak lebih 1 meter. "Pisah kamar dan toilet serta jangan makan bareng," pungkasnya.(sm)









loading...