Irjen Pol Firman Warning Temuan Berulang hingga Rendahnya Serapan Anggaran di Polda Jambi



Rabu, 23 September 2020 - 12:21:08 WIB



JAMBERITA.COM- Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Firman Shantyabudi secara resmi membuka acara Rakernis Bidang Keuangan Polda Jambi Tahun Anggaran (TA) 2020 di Hotel Abadi Suite Jambi, Rabu (23/9/20).

Acara yang menerapkan protokol kesehatan itu diawali dengan laporan Kepala Bidang Keuangan (KabidKeu) Polda Jambi Kombes Pol Dedy A. Sulystijono yang menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya Rakernis tersebut kemudian dilanjutkan dengan pembukaan.

Kapolda mengatakan, bahwa rakernis bidang keuangan ini dapat dimanfaatkan sebagai wadah evaluasi dan pencarian solusi serta menggali permasalahan-permasalahan yang timbul terkait pelaksanaan kegiatan pengamanan dan dukungan anggaran.

Disamping itu, menurut Kapolda, rakernisjuga merupakan sarana untuk menyamakan persepsi sehingga dapat dijadikan acuan pengelolaan keuangan berupa pertanggungjawaban dan laporan keuangan dukungan anggaran Pilkada sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Kabid Keu dapat memberikan bimbingan teknis secara terus menerus kepada para pengemban fungsi keuangan di Jajaran Polda Jambi serta meningkatkan komunikasi/sinergitas dengan fungsi terkait dalam memberikan pelayanan keuangan Polri secara cepat, tepat, baik dan benar, guna mendukung kelancaran tugas operasional Polri khususnya Polda Jambi," pintanya.

Dengan adanya pelaksanaan pengamanan pilkada tersebut, Kapolda mengingatkan agar tetap memperhatikan anggaran rutin yang bersumber dari APBN, jangan sampai terjadi penyerapan yang rendah, hindari penyerapan anggaran yang sifatnya menumpuk di akhir tahun, agar kasatker anev kembali anggaran-anggaran yang tidak terserap segera di perbaiki dan rencana penarikan dana secara konstruktif, berkesinambungan.

"Waspadai adanya temuan berulang oleh Wasrik Rutin Internal maupun Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) dan dalam pengelolaan keuangan Negara di lingkungan Polri yang meliputi duplikasi, kurang pungut pajak, perwabkeu fiktif dan pengenaan denda keterlambatan yang belum dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku," jelasnya.

Dalam acara rakernis tersebut juga dihadiri Wakapolda Jambi Brigjen Pol Drs Dul Alim, MH, dan Irwasda Polda Jambi Kombes Pol Drs Dwi Gunawan, MM. Pejabat Utama Polda Jambi, Wakapolres/Ta Jajaran Polda Jambi dan Kabag Ops Polres/Ta Jajaran Polda Jambi.(afm)











loading...