Yunninta: Industri Hilir Karet Harus Didukung Produktivitas dan Mutu,Ini Prioritas Batanghari Unggul



Senin, 23 Maret 2020 - 07:28:41 WIB



 

JAMBERITA.COM- Salah satu penekanan Visi Batanghari Unggul adalah peningkatan produktivitas hasil perkebunan dan pertanian, khususnya komoditas karet yang harga jualnya masih rendah.

Karena merujuk dari teori ekonomi industri berbasis perkebunan yang dilakukan Menko Perekonomian tahun 2018, tanpa produksi yang tinggi dan mutu yang baik, hilirisasi karet hanya mimpi tidak bisa dilakukan karena hitungan ekonominya belum masuk.

Pernyataan ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Batanghari Hj. Yunninta Asmara, SH menanggapi kondisi ekonomi pertanian di Batanghari (22/3) kemarin.

"Harga karet rendah, masyarakat kita butuh sumber pendapatan baru disamping karet dan sawit, solusinya bukan dengan menjual cerita mau membangun industri hilir atau pabrik, tapi bagaimana kita meningkatkan produktivitas dan mutu karet, ini syarat untuk kita meningkatkan pendapatan petani,” jelasnya di sela - sela diskusi dengan mahasiswa di Bulian.

Selanjutnya calon terkuat Bupati Batanghari versi berbagai lembaga survei itu menceritakan pengalaman pengusaha yang bergerak di bidang industri pengolahan karet.

"Saya bertemu dengan tuan Lim pengusaha yang punya hampir 20 pabrik Crumb Rubber di Indonesia, dia katakan untuk membangun pabrik pengolahan saja, kita tidak mengandalkan pasokan dari petani, karena produktivitasnya sedikit dan mutu yang rendah, bisa ngak jalan pabrik ngak ada bahan baku, ini baru cerita Crumb Rubber, belum pabrik Ban, sehingga tuan Lim menyarankan sebelum cerita hilirisasi industri karet lebih baik kita urus produksi dan mutu, jadi ini yang akan kita lakukan,” jelasnya.

Apalagi dengan berlakunya harga dunia untuk karet, tidak ada jaminan ada industri hilir, karet petani dibeli lebih tinggi, karena ini pasar dunia, apalagi dengan volume produksi yang kecil dan mutu yang rendah, mana mau investor bikin pabrik, atau malah petani yang kehilangan lahan karena dibikin pabrik.

Sehingga untuk membantu ekonomi masyarakat Yunninta dengan Visi Batanghari Unggul akan memulai dari peningkatan produksi dan kualitas karet masyarakat, dengan hal ini kita bisa menembus pasar internasional yang harga jual karet lebih tinggi.

Namun Yunninta mengatakan permasalahan ekonomi karet tidak bisa dilakukan secara sepotong - sepotong tapi perlu pendekatan yang menyeluruh dari semua aspek, pada intinya kita ingin mendorong ada proporsi ekonomi baru yang dilakukan masyarakat.

"Konsep saya jika selama ini satu keluarga mengantungkan ekonomi nya dari karet, ke depan sekitar 30 persen mulai kita geser ke sumber lain, disamping kita membenahi produksi dan kualitas karet rakyat di pedesaan,” tandasnya.(*/sm)









loading...