Walhi Jambi Adakan Kegiatan Festival Wilayah Kelola Rakyat, Ini Targetnya



Selasa, 03 Maret 2020 - 16:55:43 WIB



JAMBERITA.COM- Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jambi mengadakan Festival Wilayah kelola r
Rakyat. Festival ini merupakan kegiatan besar yang diadakan Walhi Jambi.

Rangkaian kegiatannya adalah berupa event Workshop wilayah kelolarakyat yang didalamnya nanti mengundang narasumber dari Kementerian Koperasi UKM RI, Dinas Kehutanan provinsi Jambi, praktisi akademisi dan dari Walhi.

Rudiansyah Direktur Eksekutif daerah Walhi Jambi menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bentuk upaya untuk memperoleh dukungan terhadap wilayah kelolarakyat di Provinsi Jambi. "Kenapa ini penting dilakukan adalah aspek keberlanjutan dan aspek kearifan lokal yang telah terjadi di masyarakat dalam pengembangan potensi yang telah dilakukan menjadi modal utama dalam proses menjaga keberlanjutan lingkungan yang ada di masyarakat", ujarnya. (3/3/2020)

Selain dari workshop Walhi Jambi juga mengadakan pameran yang menampilkan produk dari beberapa komunitas penggiat lingkungan dan juga dari organisasi masyarakat. Yang semuanya merupakan murni hasil dari sumber daya alam atau komoditas yang ada di desa.

Selanjutnya Direktur Eksekutif Walhi Nasional Nurhidayati menjelaskan bahwa wilayah kelolarakyat merupakan konsep tanding yang diajukan oleh Walhi untuk mengubah pembangunan di Indonesia. "Jadi kalau di masa lalu itu pembangunan di tumpukan kepada industri-industri besar padat modal yang utama modal asing, Kami ingin sebenarnya dalam wilayah kelola kelola rakyat ini memunculkan rakyat sebagai aktor utama", ujarnya. (sap)







loading...