SAH : Perlu Perluasan Kesempatan Kerja Jika Untuk Mengentaskan Pengagguran



Kamis, 27 Februari 2020 - 07:22:47 WIB



JAMBERITA.COM- Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Sutan Adil Hendra (SAH) meminta pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menurunkan angka pengangguran.

"Saya minta pemerintah terus mempromosikan usaha pengentasan pengangguran dengan melakukan berbagai strategi dan program kerja," ungkapnya di Jakarta (26/2) kemarin ketika menghadiri diskusi ketenagakerjaan Indonesia. 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Jambi ini mengatakan pengentasan pengangguran perlu didorong dengan pertumbuhan ekonomi dan investasi yang terus naik, sehingga bisa memperluas kesempatan kerja dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

"Data pengangguran tahun ke tahun, trennya terus menurun dari 5,5 persen menjadi 5,33 persen. Ini suatu keberhasilan. Kita akan terus melakukan percepatan pengurangan pengangguran dan membuka kesempatan kerja," imbuhnya. 

Selanjutnya Anggota DPR RI dari Provinsi Jambi ini mengatakan, pemerintah perlu terus meningkatkan iklim dunia usaha yang kondusif dengan melibatkan kerja sama dunia usaha dan serikat pekerja atau buruh. Iklim investasi baik dari dalam maupun luar negeri didorong naik sehingga penyerapan tenaga kerja menjadi lebih tinggi.

"Pemerintah harus melakukan penyiapan tenaga kerja yang memiliki keahlian (skill) melalui balai-balai latihan kerja. Penyiapan tenaga kerja yang kompeten dibutuhkan untuk mengisi kebutuhan tenaga kerja dalam pembangunan berbagai bidang yang terus digenjot, seperti di sektor infrastruktur dan lain-lain," jelasnya. 

Selain mempercepat pengurangan angka pengangguran, SAH mengatakan pemerintah juga harus melaksanakan program kerja untuk menurunkan angka kemiskinan baik di perkotaan maupun pedesaan, sehingga ada optimalisasi bonus demografi dan program pemagangan juga dilakukan untuk menyerap pengangguran.(*/sm)

 





Artikel Rekomendasi