Sensus Penduduk Tahun 2020, Wahyudin: Jangan Ragu Ikut Sensus Online



Rabu, 26 Februari 2020 - 14:27:08 WIB



Wahyudin
Wahyudin

JAMBERITA.COM - Sensus Penduduk tahun 2020 berbasis online sudah mulai dilaksanakan. Pengumpulan data SP 2020 secara online dilaksanakan pada tanggal 15 Februari - 31 Maret 2020 pada sensusbps.go.id.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi Jambi Wahyudin menjelaskan bahwa saat ini pengisian data untuk SP 2020 secara online sudah 6 - 7 persen. "kita baru sepuluh hari ini sudah 6-7 persen yang sudah melakukan online kita masih ada waktu sampai tanggal 31 maret 2020", ujarnya.(25/2/2020)

Wahyudin juga menjelaskan bahwa sudah ada pendampingan untuk tingkat provinsi dan kota. Salah satunya dengan mengadakan rapat koordinasi kecamatan (Rakorcam). Hampir seluruh Kabupaten Kota di provinsi Jambi sudah mengadakan rakorcam ini. "beberapa kecamatan belum. Tapi kita masih ada waktu", ujarnya.

Saat diwawancara Wahyudin juga mengatakan agar masyarakat tidak perlu ragu untuk melakukan sensus online. Karna seluruh data dijamin kerahasiaannya. "kita jangan sampai ada keraguan, insyallah tidak akan bocor", tambahnya.

Sedangkan untuk masyarakat yang tidak bisa melakukan sensus online Wahyudin menjelaskan akan ada sensus menual pada bulan Juli. Jadi para petugas akan datang kerumah-rumah untuk wawancara. Wahyudin juga menjelaskan bahwa ada 5000 petugas yang akan dikerahkan untuk SP 2020 ini.

Untuk masyarakat marginal seperti Suku Anak Dalam yang tidak memiliki Nomor Induk KTP (NIK) tetap bisa melakukan SP 2020. "kami sudah melakukan koordinasi dengan kabupaten yang ada suku anak dalamnya. Semua, targetnya semua warga tidak ada yang tidak tercatat", tutupnya. (sap)



Artikel Rekomendasi