Soal Kasus SMB Komnas HAM Datangi Mapolda Jambi, Ini Kata Edy Faryadi



Jumat, 23 Agustus 2019 - 21:51:29 WIB



JAMBERITA.COM- Kepolisian daerah (Polda) Jambi menyambut kunjungan Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) Perempuan dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) terkait kasus kelompok Serikat Mandiri Batanghari (SMB) Jambi.

Kedatangan mereka ke Mapolda Jambi untuk melihat dan mendengarkan langsung penjelasan dari Kepolisian Jambi yang menangani kasus kelompok Serikat Mandiri Batanghari (SMB) dengan menetapkan 59 orang tersangka dibawah pimpinannya Muslim.

Dikretur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Jambi, Kombes Pol M Edi Faryadi, di Jambi mengatan dalam dua hari terakhir ini pihaknya telah menerima kunjungan dari Komnas HAM, Komnas Perempuan dan KPAI yang datang langsung ke Jambi untuk melihat kasus itu dari proses penyidikan.

"Kunjungan para pimpinan atau perwakilan dari Komnas HAM, Perempuan dan KPAI itu diterima langsung oleh Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS, Wakapolda, Dirreskrimum serta para Pejabat utama Polda Jambi yang berlangsung pada dua hari terakhir," ujarnya Jum'at (23/8/2019).

"Kami sebagai penyidik yang menangani kasus kelompok SMB tersebut telah memaparkan semuanya kepada perwakilan Komnas HAM, Perempuan dan KPAI itu terkait kasus SMB," ungkapnya.

Sedangkan untuk perkembangan kasus SMB yang ditangani Polda Jambi, saat ini kata Edy, dari kepolisian sudah melakukan gelar perkara dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi, kemudian berkas sudah dilimpahkan tahap I. "Disana masih dalam tahap penelitian dan berharap segera bisa diproses lebih lanjut dan selesai dan bisa dilimpah ke tahap II," terangnya.

Selain itu dalam proses penyelidikan ini, polisi telah berkoordinasi dan ada pengawasan dari Komnas HAM yang sudah datang dipimpin oleh komisionernya yakni Gatot. "Mereka datang ke Jambi serta melihat langsung proses penyidikan yang dilakukan kepolisian mulai dari tahap penindakan, dan melayani para tersangka di polisi apakah diberlakukan degan baik di rutan Polda Jambi," jelasnya.

"Hari ini juga Polda Jambi menerima kunjungan dari Komnas Perempuan karena ada salah satu pelaku yang ditangkap adalah seorang perempuan yakni berinisial D istri dari Muslim pimpinan Kelompok SMB," ujarnya.

Lebih lanjut, selain itu juga mereka datang ke Polda Jambi, KPAI yang bersama Komnas Perempuan untuk melihat langsung proses penyidikan kasus tersebut secar langsung bagaimana pelayanan kepada para pelaku yang dilakukan kepolisian.

"Tanggapan dari Komnas Ham dan Komnas perempuan serta KPAI bahwa menurut mereka melihat adanya transparansi penyidikan dan sisi humanis dari Polda Jambi dalam penanganan perkara para tersangka," tegasnya.

Mereka menilai dan merlihat dari adanya pengecekan kesehatan secara rutin kepada para tersangka, pelaksanaan pengecekan psikologi healing dan kegiatan agama yang rutin dilakukan kepolisian."Ini semua menjadi moment yang baik bagi mental para tersangka yang saat ini menjalani hukuman," tambahnya.

"Kami berharap dengan adanya pengawasan dari Komas HAM, perempuan dan KPAI, maka kami bisa meningkatkan kinerja dan melayani para tersangka dengan baik dan sampai tahap I ini baru ada 59 orang tersangka sampai tahap penyelidikan ini selesai, seluruh saksi ada 30 orang yang sudah," jelasnya.

Kemudian juga sudah diperiksa seluruh saksi mulai dari pihak perusahaan, anggota TNI dan Polri yang menjadi korban penganiayaan kelompok SMB maupun warga disana.

Untuk diketahui sebelumnya, Polda Jambi telah ditetapkan 59 tersangka diantaranya, Muslim pimpinan kelompok SMB dan pengikutnya.

Para tersangka tersebut ada yang disangka dengan pasal 170 KHUP tentang pengeroyokan, pasal 363 KHUP tentang pencurian dengan pemberatan dan Undang Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951 dan ada juga yang di sangka dengan pasal 170 KHUP pasal 363 KHUP.(afm)












loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi