Terkait Persiapan Pilkada Serentak 2020, Ini yang akan Dilakukan Bawaslu RI



Minggu, 07 Juli 2019 - 11:33:58 WIB



JAMBERITA.COM - Pilkada serentak 2020 akan digelar pada 23 September 2020 mendatang. Ada 270 daerah yang melaksanakan pilkada serentak terdiri dari 9 Provinsi, 224 Kabupaten, dan 37 Kota. Provinsi Jambi termasuk salah satu dari 270 daerah tersebut.

Provinsi Jambi juga akan melaksanakan 6 pilkada serentak sekaligus. Yaitu Provinsi Jambi, Kabupaten Tanjab Barat, Tanjab Timur, Bungo, Batanghari, dan Kota Sungai Penuh. Bawaslu dalam posisinya sebagai pengawasan juga mulai akan mereview Perbawaslu.

Anggota Bawaslu RI Moch Afifuddin, mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan segala sesuatunya untuk pilkada serentak yang akan dimulai tahapannya pada akhir September atau awal Oktober. Kita juga akan rancang dan review Perbawaslu menyesuaikan dengan PKPU. "Sampai saat ini juga KPU baru merumuskan dan membahas 1 PKPU tentang tahapan," katanya.

Ia mengatakan, Untuk daerah yang tidak melaksanakan pilkada, pihaknya saat ini memikirkan bagaimana mereka terus menguatkan partisipasi masyarakat. Pihaknya juga akan ada program sekolah kader pengawas dengan melibatkan banyak aktor. "Ini ditujukan untuk menguatkan kelembagaan dengan seluruh pihak dari partisipasi," ujarnya.

Hal ini bukan hanya beban Bawaslu, KPU juga harus memikirkan hal yang sama. Karena ini adalah tantangan bagi penyelenggara yang tidak melaksanakan pilkada serentak. "Kan penguatan demokrasi tidak hanya harus pemilu, dari sekarang bisa dilakukan. Nanti ketika momen pilkada dan pemilu ilmu tinggal dipakai dan dilaksanakan saja," tukasnya. (am)










loading...








Abu Bakar Ditemukan Tak Bernyawa

Abu Bakar Ditemukan Tak Bernyawa

Jumat, 24/01/2020 13:12:45
H Mashuri Gerakan Subuh di Bungo Antoi

H Mashuri Gerakan Subuh di Bungo Antoi

Jumat, 24/01/2020 10:52:59