Diminati Warga, SMK Asyriyah Ponpes Al-Muttaqqin Ibru Siap Sediakan Bibit Unggul Kelapa Sawit



Jumat, 01 Februari 2019 - 13:56:56 WIB



JAMBERITA.COM - Penjualan benih maupun bibit unggul siap tanam kelapa sawit nasional pada tahun ini diprediksi meningkat karena dipicu oleh program Program peremajaan perkebunan atau replanting kelapa sawit rakyat yang dijalankan pemerintah.

Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian dengan dukungan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit misalnya, merencanakan mendanai peremajaan seluas 185 ribu hektare (ha) kebun sawit petani pada 2018.

Tampak pembibitan Pre nursery umur 1 bulan SMK Asy’ariyah Ibru Mestong dan dokumentasi hasil penelitian Strata 1 bibit kelapa sawit umur 6 bulan di main nursery

Program peremajaan kelapa sawit rakyat di dalam negeri masih cukup luas artinya kebutuhan untuk bibit yang siap tanama pun masih sangat dibutuhkan.

Melihat kenaikan permintaan benih sawit yang cukup tinggi, hal ini menjadi peluang dan dasar untuk SMK Asy’ariyah yang berada di Pondok Pesantren Al-Muttaqin Ibru yang fokus sebagai penyedia bibit ungul yang benih/cambahnya sumbernya dari PPKS (Pusat Penelitian Kelapa Sawit) Medan-Sumatra Utara.

" Ini untuk memenuhi kebutuhan permintaan masyarakat di Provinsi Jambi agar tanaman sawit Indonesia makin bagus," ujar M. Anggoro Kasih, S.P selaku ketua Jurusan program Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP).

Anggoro menambahkan, dengan adanya usaha dan penjualan itu, SMK Asy’ariyah juga memberi kontribusi besar terhadap realisasi Program Peremajaan Perkebunan atau Replanting Kelapa Sawit Rakyat yang dilakukan oleh Pemerintah, Swasta dan Masyarakat secara pribadi serta program pembibitan kelapa sawit.

Selain itu, ini juga akan mendorong peserta didik (santri) mampu dan terampil dalam dunia usaha pembibitan, hal tersebut juga sejalan dengan program kepala sekolah Ibu yayuk silvia dewi, S.Pd sebagai home industry nya jurusan perkebunan yang ada di SMK Asy’ariyah ini.

Proses penjualan bibit kelapa sawit baru dapat dilakukan oleh SMK Asy’ariyah mulan bulan April sampai dengan bulan Juni tahun 2019 ini ditargetkan sudah terjual semuanya secara regional untuk wilayah Kabupaten Muaro Jambi seperti Sungai Bahar, Bahar Selatan dan Bahar Utara, Mestong, Sungai Gelam dan wilayah perbatasan antara jambi Palembang yang dekat dengan Desa Ibru.

Penjualan perdana ini belum dapat secara besar-besaran sekitar tidak lebih dari 2.000 bibit dengan usia berkisar antara 6 sampai dengan 8 Bulan di pembibitan yang siap untuk di tanam di lapangan/lahan.

Penjualan bibit yang dilakukan oleh SMK Asy’ariyah tersebut mungkin bisa dikatakan berbeda dengan penyedia/penjualan bibit tanaman sawit pada umumnya.

Ini karena SMK Asy’ariyah akan menyediakan bibit yang umurnya di bawah 1 tahun karena bibit yang muda dalam konteks bibit yang siap tanam tersebut akan lebih bisa cepat mekar dan beradaptasi dengan lingkungan serta pertumbuhannya lebih cepat dari pada bibit yang sudah besar atau kisaran umur lebih dari 1 sampai dengan 2 tahun.

Tampak pembibitan Main nursery SMK Asy’ariyah Ibru Mestong dan dokumentasi ini diambil pada saat bibit berumur 3 bulan di lapangan

Hal tersebut berdasar pada penelitian dan pengalaman dilapangan pada saat penelitian Strata (S1) di universitas Jambi yang bekerja sama dengan dinas perkebunan Provinsi Jambi, berkaitan itu juga khususnya untuk masyarakat kalangan bawah akan lebih bisa menjangkau karena harga bibit tersebut masih tergolong murah.

Apabila masyarakat belum menyiapkan lahan dengan umur bibit tersebut dapat di bibitkan di rumah atau dirawat tanpa harus terburu-buru di tanam sampai lah  lahan siap di tanam.

Anggoro mengatakan sebagai produsen bibit kelapa sawit, SMK Asy’ariyah mendukung penuh program peremajaan kelapa sawit pemerintah tahun 2019 dan tahun-tahun selanjutnya.

Ia juga menargetkan penjualan benih akan ditargetkan 1 tahun 2 smpai dengan 3 kali penjualan secara terorganisisir sehingga di setiap tahunnya bisa tembus menyediakan bibit unggul untuk masyarakat sebanyak 10 ribu hingga 15 ribu bibit yang siap tanam dilapangan.

Untuk informasi seputar pemesanan dan layanan informasi tentang pembibitan dan benih/kecambah kelapa sawit di SMK Asy’ariyah dapat menghubungi WhatsApp : 0852 6792 8203 a.n Lepia Anggraini, S.P atau langsung ke lokasi pembibitan di Yayasan Asy’ariyah/SMK Asy’ariyah Jln. Jambi Palembang KM. 38 Desa Ibru Kec. Mestong Kab. Muaro Jambi Provinsi Jambi (Pondok Pesantren Al-Muttaqin Ibru).(*)










loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi