Peserta Calon Bawaslu Panas Dingin, Timsel Tanya Cara Pengawasan Hingga Pancasila



Kamis, 02 Agustus 2018 - 19:14:17 WIB



Suasana wawancara
Suasana wawancara

JAMBERITA.COM-  Calon Bawaslu 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi menjalani uji kelayakan di hadapan lima anggota tim seleksi hari ini Kamis (2/8/2018) di Hotel Shang Ratu.  Proses wawancara yang diikuti satu-persatu peserta ini dimulai siang tadi hingga malam. Tahapan seleksi tahap kedua ini akan berlangsung selama tiga hari yakni hingga Sabtu (4/7/2018).

Berdasarkan pantauan sore ini, peserta yang keluar terlihat lega. Beberapa yang disalami tangannya dingin. Bahkan, beberapa peserta terlihat gugup menjawab pertanyaan timsel. Pertanyaan pun bermacam-macam.

Selain terkait pengawasan dan pengetahuan tentang kepengawasan pemilu dan undang undang pemilu, tenang kepemimpinan, kemampuan berkerja sama, serta komitmen dan integritas, peserta juga diberikan pertanyaan sederhana. Salah satunya soal pancasila.

"Kita tiga hari tes wawancara nya hari ini (Kemarin, red) wawancara untuk Kota Jambi, Tanjabbar dan  Tanjabtim. Tadi kita mulai dari pukul 13.00 WIB sampai selesai nanti. Ada sekitar 30 peserta dari tiga Kabupaten tersebut yang juga wawancarai," ujar As'ad Isma, ketua Timsel rekrutmen Bawaslu Kabupaten/Kota Jambi.

Lebih lanjut dikatakan As,ad Isma pertanyaan yang diajukan oleh Timsel sendiri beragam. Selain dari pengetahuan tentang kepengawasan pemilu dan undang undang pemilu, tenang kepemimpinan, kemampuan berkerja sama, serta komitmen dan integritas. Pihaknya juga menanyakan hal umum lainnya. Seperti apakah peserta hapal Pancasila dan lagu Indonesia Raya. "Kita juga menayakan terkait pemahaman peserta akan kejujuran dan independensi pengawas. Serta pengetahuan bermuatan lokal. Pertanyaan yang diajukan ini sesuai dengan pertunjukan yang ada," terang As'ad.

Dproses wawancara sendiri tidak sedikit peserta yang gugup saat duduk dihadapan para Timsel. Kegugupan mereka menyebabkan para peserta menjadi sulit untuk menjawab pertanyaan yang sebenarnya umum dan tidak sulit. "Ada yang meninggigil karena gorogi juga tadi, sangking groginya bahkan ada yang lupa Pancasila juga," ujar As'ad.

Salah satu peserta asal Kota Jambi Daniel Saputra saat dikonfirmasi mengaku dirinya memang sedikit agak gugup. "Melihat peserta lain keluar agak pucat kita agak gugup juga. Tapi ya memang itu tantangan ya, bagaimana cara agar tetap bisa tenang menjawab semua pertanyaan Timsel. Ya intinya tetap optimis lah dan berusaha maksimal saja," ujar Daniel.

Pada hari kedua sendiri, sesuai dengan jadwal yang diberikan. Timsel akan mewawancarai peserta dari Kabupaten Batanghari, Muarojambi, Tebo dan Bungo. Dimulai dari pukul 07.30 hingga selesai. Sementara hari terkahir, Sabtu (4/8) giliran peserta dari Kabupaten Sarolangun, Merangin, Kerinci dan Sungai penuh dan dimulai dari pagi hingga selesai. (sm)



Artikel Rekomendasi