Rakor Logistik di KPU, KI Jambi: Informasi Setiap Tahapan Pemilu Harus Disampaikan ke Publik



Selasa, 16 Januari 2024 - 18:18:14 WIB



JAMBERITA.COM- Ketua Komisi Informasi Provinsi Jambi Ahmad Taufiq Helmi menghadiri rapat koordinasi persiapan distribusi Logistik Pemilu dan persiapan pemungutan suara dan perhitungan suara Pemilu 2024 di Aula Kantor KPU Provinsi Jambi Selasa ( 16/01).

Adapun instansi yang hadir dalam kegiatan tersebut yakni Kapolda, Danrem,Kajati,Sekda, Bawaslu, Komisi Informasi, BPBD,Dishub, Satpol PP,Diskominfo, Dinkes,Kesbangpol, PUPR,, BMKG,Karo oop Polda, Dir.Intelkam ,Dir Polairud, Dir Lantas dan Manager PLN.

Ketua KPU Provinsi Jambi Iron Sahroni menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk mengkoordinasikan dan meminta masukan dari instansi terkait dalam persiapan pendistribusian logistik pemilu 14 Februari 2024 nanti.

KPU Provinsi Jambi juga telah melakukan pemetaan terhadap kondisi wilayah-wilayah untuk memudahkan distribusi logistik mulai terpencil, terluar, tertinggal dan perbatasan serta alternatif jalan keluar jika ada kejadian diluar yang telah direncanakan nanti.

Ketua KI Jambi Ahmad Taufiq Helmi mengapresiasi kegiatan ini, sebagai upaya komitmen KPU Jambi dalam mempersiapkan segala sesuatu terkait persiapan teknis termasuk kemungkinan terjadinya kejadian non teknis. 

Menurutnya, setiap tahapan pemilu harus dilakukan dan disampaikan secara transparan yang bermuara pada pemilu yang berkualitas, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.

Ia mengatakaan KI sebagai lembaga mandiri yang tugas pokoknya menerima,memeriksa dan memutuskan sengketa informasi siap saja menerima permohonan penyelesaian sengketa informasi jika ada masyarakat yang ingin mengajukan pemohon sengketa informasi pemilu termasuk informsi terkait hasil pemilu nanti.

Ini sebagai mana telah diatur pada Peraturan Komisi Informas Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Standar Layanan Informasi Pemilu dan pemilihan.(*)





Artikel Rekomendasi