Soroti Pembangunan RTH Angso Duo, PKS Serukan Hak Angket Semua Fraksi ke Gubernur Jambi



Selasa, 19 September 2023 - 18:55:21 WIB



Suasana Paripurna.
Suasana Paripurna.

JAMBERITA.COM - DPRD Provinsi Jambi kembali menggelar rapat paripurna penyampaian pemandangan umum setiap fraksi terhadap Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (RPAPBD) Provinsi Jambi Tahun Anggaran (TA) 2023.

Menariknya dari 9 Fraksi DPRD Provinsi Jambi, satu dari Fraksi yang merupakan Partai Pendukung Al Haris-Sani saat Pilgub lalu, PKS langsung menyerukan hak angket ke setiap fraksi di DPRD kepada Gubernur Jambi. Itu dipaparkan saat paripurna dari sekian beberapa point yang dipertanyakan oleh PKS.

"Fraksi PKS melalui forum paripurna yang mulia ini mengajak kepada seluruh Fraksi fraksi yang ada di DPRD Provinsi Jambi untuk menggunakan hak kita sebagai Anggota DPRD Provinsi Jambi yaitu hak angket," papar Jubir Fraksi PKS.

Dari beberapa poin yang disampaikan, salah satunya PKS mempertanyakan tentang pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Eks Pasar Angso Duo Kota Jambi. "Fraksi PKS menanyakan perihal sikap Pemprov Jambi yang kami nilai hingga detik ini belum jelas dan tegas terhadap pihak pelaksana pembuat RTH," tegasnya.

Fraksi PKS menilai pembangunan nya sangat jauh dari kata layak untuk disebut sebagai RTH, sebagaimana kita ketahui dan lihat bersama kondisinya saat ini sangat memprihatinkan, tanaman nya sudah banyak mati, konblok nya banyak yang pecah atau hancur dan sistem pengairannya pun berantakan, padahal pembangunan RTH tersebut telah menelan dana 34,2 milyar. 

"Selain itu, kemarin kami berkesempatan langsung meninjau kondisi RTH tersebut, dan ditemukan sebuah fakta unik dimana hingga saat ini ternyata masih ada pekerjaan dilokasi RTH," ungkapnya. 

Pertanyaannya yang kemudian muncul, siapa yang mengerjakan renovasi di lokasi tersebut? Jika yang mengerjakan kegiatan itu adalah pihak pengusaha pembuat RTH, hal ini semakin menunjukkan kebenaran jika memang ada yang salah dengan pengerjaan RTH tersebut, namun jika yang mengerjakan kegiatan dilokasi RTH adalah Pemprov Jambi.

"Pertanyaan yang muncul dari mana sumber anggarannya? Mengingat proyek Pembangunan RTH sudah dinyatakan selesai dan sudah diserah terimakan kepada Pemprov Jambi. Untuk itu sebagai bentuk rasa pertangungjawaban dan menemukan fakta yang sebenarnya, Fraksi PKS melalui forum paripurna yang mulia ini mengajak kepada seluruh Fraksifraksi yang ada di DPRD Provinsi Jambi untuk menggunakan hak kita sebagai Anggota DPRD Provinsi Jambi yaitu hak angket agar kita semua mendapat pencerahan apakah pembangunan RTH tersebut sudah memenuhi standar dan aturan sebagaimana yang telah direncanakan," jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto mengatakan memang masing-masing fraksi di DPRD Provinsi Jambi memiliki hak untuk menyampaikan pandangan. Dengan demikian agenda selanjutnya mendengarkan jawaban Gubernur Jambi. 

"Semua fraksi tentu mempunyai hak untuk menyampaikan pandangan fraksi masing-masing, dan nanti kita akan lanjutkan rapat paripurna dalam rangka penyampaian tanggapan Pemerintah terhadap Randangan umum fraksi - fraksi tentang Rancangan Perda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023,"pungkasnya.(afm)





Artikel Rekomendasi