Wakil Ketua DPRD Dorong Kemampuan Komunikasi Lulusan S1 UNH Jambi Buka Peluang Kerja



Rabu, 23 November 2022 - 12:05:42 WIB



Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Faizal Riza.
Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Faizal Riza.

JAMBERITA.COM - Wakil Ketua (Waka) DPRD Provinsi Jambi Doktor Faizal Riza ST, MM menghadiri undangan Dies Natalis Universitas Nurdin Hamzah (UNH) ke II di Abadi Suite Kota Jambi, Rabu (23/11/2022). Mereka yang di wisuda yaitu sebanyak 269 mahasiswa/i. 

Faizal mengatakan, melalui komunikasi mereka yang baru saja lulus dari Universitas dapat melahirkan ide dan gagasan dalam menciptakan lapangan kerja dan harus menjadi entrepreneur di dunia kerja.

"Harus siap masuk ke dunia kerja, dunia nyata, karena tantangan tentu lebih berat di era digitalisasi ini. Dan juga kesempatan kerja sangat sangat terbatas sehingga diperlukan wisudawan/ti yang memiliki kompetensi agar bisa bersaing," ujar pria bergelar Doktor tersebut.

Menurut politisi dari Fraksi Gerindra itu, apalagi dalam setiap kali lulusan dari semua Universitas di Provinsi Jambi itu hampir kurang lebih ribuan orang, jadi siap tidak siap mereka harus berkompetisi dan bersaing. Dan salah satu upaya itu, bagaimana para lulusan harus menyiapkan diri.

"Selain melamar pekerjaan, sebenarnya harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan, menjadi seorang entrepreneur, wirausaha. Menurut saya wirausaha merupakan pekerjaan yang mulia karena memberikan kesempatan bagi yang lain untuk bekerja, dan adek adek yang baru lulus ini harus siap, paling tidak bisa bekerja untuk diri sendiri, dan membantu orang tua," jelasnya.

Faizal juga menyampaikan salah satu upaya yang Ia dorong kepada para mahasiswa/i UNH Jambi yang salah satu program Studi nya Ilmu Komunikasi harus bisa menciptakan ide-ide dalam menciptakan lapangan pekerjaan.

"Salah satu nya yang kita dorong yaitu kemampuan komunikasi, komunikasi yang baik, bisa menyampaikan pesan dan menjelaskan ide-idenya, tapi kadang kadang kan anak anak muda ini terkendala di modal. Padahal kekuatan terbesar kita adalah ide, kalau ide nya baik, bisa dikomunikasikan, saya rasa banyak relasi yang bisa diajak bekerjasama dan membuka peluang kerja," bebernya.(afm)





Artikel Rekomendasi