Kuliah Umum HIPMI Hadirkan Pemateri Caketum Nomor Urut 3, Usung Tema Ayo Jadi Pengusaha



Selasa, 04 Oktober 2022 - 19:30:27 WIB



Foto Bersama HIPMI Provinsi Jambi Setelah Menggelar Seminar Nasional.
Foto Bersama HIPMI Provinsi Jambi Setelah Menggelar Seminar Nasional.

JAMBERITA.COM - Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Jambi menggelar kuliah umum di kampus Institut Agama Islam (IAI) Muhammad Azim di Jalan Fatah Laside Kebun Handil Kota Jambi, Senin (3/10/22).

Acara kuliah umum langsung dibuka oleh Ketum BPD HIPMI Jambi Diza Aljosha Hazrin melalui Sekretaris Umum (Sekum) BPD HIPMI Jambi Daillon Rezzano. "Alhamdulillah dari sekian banyaknya Provinsi di Indonesia, Caketum HIPMI Anggawira ini salah satunya Provinsi Jambi menjadi tuan rumah seminar nasional yang diadakan di Jambi, ini suatu kebanggan," paparnya.

Rezzano mengatakan, HIPMI terus berupaya menjadikan organisasi ini menjadi lebih humanis, organisasi ini merupakan wadah tumbuhnya pengusaha-pengusaha muda bukan hanya memikirkan diri sendiri, tetapi HIPMI harus juga memikirkan persoalan ekonomi khusus nya di Provinsi Jambi. "Ini harus bisa tetap stabil karna UMKM khususnya pengusaha muda ini memiliki peran yang sangat penting bagi ketahanan nasional," tegasnya.

Rezzano juga menjelaskan adanya seminar kuliah umum ini ia berharap baik mahasiswa maupun mahasiswi bisa ikut bersama-sama berjuang bersama HIPMI."Bersama pengusaha muda, untuk bisa membuat Indonesia lebih baik lagi, lebih indah lagi," jelasnya.

Selanjutnya, Calon Ketua Umum (Caketum) BPP HIPMI 2022-2025, Dr Anggawira ST MT menjadi pemateri pada seminar kuliah umum dengan mengusung tema HIPMI Super Mentor, Indonesia Butuh Entrepreuner, ayo jadi pengusaha.

Anggawira pun mengungkapkan bahwa masa depan negara akan bergantung pada pengusaha by design atau pengusaha rancangan. Menurut pria yang saat ini masih menjabat Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP HIPMI ini memprediksi jumlah pengusaha by design akan mengalami pertumbuhan. Karena itu, ke depan negara akan bergantung dengan kontribusi pengusaha by design.

“Sekarang sudah semakin sedikit pengusaha yang lahir karena keturunan. Pengusaha by design bisa dimulai dari hobi, pendidikan dan dorongan lingkungan sekitar,” ujarnya.

Berbeda dengan masa sebelumnya, imbuh Anggawira, perkembangan zaman saat ini mendorong munculnya pengusaha by design tersebut. Sehingga dorongan untuk membuka bisnis dari kalangan yang bukan pengusaha dapat ikut berkembang. “Perkembangan zaman hari ini, memberi semua milenial kesempatan untuk membuka bisnis,” ungkap Caketum BPP HIPMI nomor urut tiga ini.

Anggawira menambahkan milenial saat ini diberi kemudahan teknologi hingga tersedianya informasi yang melimpah. Kemudahan tersebut yang memicu terbukanya kesempatan bisnis bagi milenial. Dalam situasi tersebut, kata Anggawira, semakin banyak ditemukan orang-orang yang mengalami kemiskinan ekstrem menjadi pengusaha dengan memanfaatkan teknologi.

"Karena itu, kemampuan teknologi menjadi kemampuan yang paling dibutuhkan oleh pengusaha saat ini. Sebab, keberadaan teknologi beserta informasi yang disediakannya dapat menjadi modal untuk membaca peluang bisnis."Karena itulah masa sekarang, kesempatan milenial untuk membuka usaha sangat terbuka lebar,” jelasnya.

Seminar juga diikuti oleh Mahasiswa Institut Agama Islam Muhammad Azim, Mahasiswa Universitas Jambi (UNJA), Mahasiswa STAI Ma'arif, mahasiswa STAI Memba'ul ulum Jambi, SMAN 8 Kota Jambi, turut hadir BPD HIPMI Provinsi Jambi, BPC HIPMI Kota Jambi, serta rombongan dan Wakil Walikota Jambi Dr dr H Maulana SKM.

Seminar berlangsung meriah, pasalnya ada door prize utama dengan 3 unit Handphone, serta hadiah uang tunai dan hadiah berupa merchandise dari Calon Ketum HIPMI Anggawira, hadiah tersebut langsung diundi dibagikan kepada peserta yang turut hadir, tidak hanya itu peserta yang hadir diacara tersebut juga diberikan sertifikat.(afm)





Artikel Rekomendasi