Mengenal Afifi Atfi, Akan Promosikan Tengkuluk Jambi hingga Potensi Pariwisata ke Korea Selatan



Kamis, 23 Juni 2022 - 09:21:21 WIB



Juara I Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Provinsi Jambi Afifi Afti.
Juara I Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Provinsi Jambi Afifi Afti.

JAMBERITA.COM - Sebanyak 18 Pendelegasian putra putri terbaik Indonesia dalam waktu dekat ini akan mengikuti program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) ke negara tujuan masing-masing. Termasuk dari Provinsi Jambi, salah satunya dengan negara tujuan Korea Selatan.

Program tersebut merupakan agenda rutin dari Kemenpora RI melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jambi. Mulanya, dari 152 pendaftar mengikuti tahap seleksi, berkurang menjadi 60 peserta, di tahap selanjutnya dari 60 peserta, lalu tersisa 10 orang masuk ke finalis sehingga terpilih hanya 1 orang perwakilan. Pelaksanaannya digelar pada Selasa 12 April, Sampai Dengan 14 April 2022 di Shang Ratu Hotel Kota Jambi.

Dari sekian yang berkompetisi, dia yang terpilih yaitu, Afifi Atfi, SKM (23), Alumni Kesehatan Masyarakat dari Universitas Jambi (UNJA). Rencananya, Afifi Afti akan diberangkatkan oleh pihak Dispora Provinsi Jambi pada 26 Juni 2022 mendatang akan di hantar kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Jakarta untuk mengikuti program PPAN.

Jika melihat dari rekam jejaknya, Afifi Atfi perwakilan Provinsi Jambi dan Indonesia ini juga merupakan Purna Paskibraka Indonesia Provinsi Jambi 2015, Ia juga sosok putri yang terbilang cakap dalam berkomunikasi sekaligus aktif diberbagai kegiatan sosial dan pendidikan.

Afifi pernah menjadi Ketua SEAD Jambi 2020-2021, SEAD merupakan Komunitas Sosial pendidikan yang berkonsentrasi terhadap Suku Anak Dalam (SAD) Jambi untuk memberantas buta aksara. Kemudian, Relawan Kelas Inspirasi Jambi, wadah bagi para profesional dari berbagai latar belakang turun ke sekolah dasar, untuk marginal memperkenalkan profesi kepada anak-anak agar mendorong semangat dalam meraih mimpi dan cita-cita.

Selain itu, Afifi juga seorang penyiar Radio Elria Buana, sekaligus saat ini berkerja sebagai Field Executive Public Private Mix Program Tuberkulosis di The Global Fund. Dengan berbekal pengalaman dan wawasan nya, Afifi yang terpilih menjadi perwakilan Jambi untuk mengikuti program PPAN dengan negara tujuan Korea Selatan ini mengaku tentu, sudah mempersiapkan diri.

"InsyaAllah, optimis bisa membawa nama baik Jambi," ungkap Afifi ketika berada di Sekretariat Dispora Provinsi Jambi dalam rangka persiapan untuk diberangkatkan ke Jakarta, Rabu (23/6/2022).

Menurut Afifi, setelah nanti diberangkatkan ke Jakarta, maka mereka dari 18 Pendelegasian seluruh Indonesia itu akan mulai mengikuti program PPAN secara online. Karena negara tujuan belum bisa menerima, mengingat belum selesai nya wabah Covid-19. Meski demikian, hal itu tidak menyurutkan semangat Afifi untuk tetap mengikuti kesempatan tersebut.

Apakah nanti maksimal atau tidaknya, karena ini masih persiapan, tapi informasi dari senior senior yang lain, baik secara online ataupun offline, sebenarnya tidak ada beda nya. Beda nya kalau offline secara langsung mendatangi negara tujuan, tetapi ilmu nya (pengetahuan) sama persis bahkan bisa lebih banyak ilmu ilmu yang bisa dapatkan. 

"Harapan nya, walaupun online tidak menutup kemungkinan untuk kita terus bisa memaksimalkan potensi yang kita punya, tetap bisa menginformasikan terkait budaya, pariwisata yang ada di Provinsi Jambi bahkan di Indonesia. Pertama di Jambi, itu ada Gentala Arasy, Candi Muaro Jambi, Tengkuluk, dan Aksara Incung di Kerinci," tuturnya.

Afifi mengutarakan, pertama yang akan Ia mempromosikan itu Tengkuluk/Kuluk kain yang berfungsi sebagai penutup kepala bagi kaum perempuan. Kain Tekuluk merupakan kain tradisional warisan leluhur ini biasanya digunakan pada saat kegiatan adat, pernikahan atau pesta dan juga dalam kegiatan sehari-hari.

"Jambi ada lho, kain penutup kepala bagi wanita untuk dibawa ke sana. Kalau mereka disana nggak tahu ni kain penutup kepala di Jambi, kalau ke kiri itu menandakan belum menikah, ke kanan sudah menikah. Jadi hal hal yang tidak biasa itu bisa diinformasikan kepada mereka sehingga mereka tahu, baik itu budaya pariwisata," ungkapnya.

Selain itu, situs Candi Muaro Jambi juga menjadi pilihan bagi Afifi untuk Ia promosikan ke Korea Selatan. Menurut Afifi, Candi Muaro Jambi merupakan sebuah kompleks percandian di Provinsi Jambi peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Ini juga sebagai kompleks candi terluas di Indonesia dan Asia Tenggara dengan luas mencapai 3.981 hektare.

"Pengen nya offline agar mereka bisa melihat langsung, jadi besok itu kegiatan nya lebih ke merangkum, di Indonesia itu ada apa saja sih, tapi kita tetap specially di Jambi apa yang akan kita angkat. Karena Candi Muaro Jambi, juga jadi tempat peribadatan, keagamaan, dan pendidikan, begitupun dari Korea Selatan banyak juga hal hal yang perlu kita ketahui dari sana," ungkapnya.

Untuk diketahui Lokasi Candi Muaro Jambi berada di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, atau sekitar 26 Kilometer sebelah timur Kota Jambi, yang ditemukan pada abad ke-19 berada tepat di tepi Sungai Batanghari dan diperkirakan Candi Muaro Jambi dibangun pada abad 7-12 Masehi. Yang baru -baru ini didorong oleh Pemerintah Daerah (Pemda) untuk terdaftar UNESCO.

"Sampai sekarang apakah itu terdaftar di UNESCO, sepengetahuan kami, sejauh ini baru tahap pengajuan. Belum tahu, apakah sudah terdaftar atau belum," tuturnya.

Setelah nanti selesai mengikuti program PPAN tersebut, mereka dari Pendelegasian akan kembali lagi ke daerah asal masing-masing termasuk Afifi putri asal Jambi. Namun tidak hanya dengan tangan kosong, melainkan mereka dituntut untuk membawa hal yang positif serta mampu berkontribusi terhadap daerahnya.

"Ketika nanti program PPAN selesai, kami di daerah harus ada membuat program. Nah itu salah satunya yang sudah daya persiapkan nanti mendorong UMKM Coklat Pinang (Copi) di daerah Kelurahan Rawasari, dalam rangka peningkatan kapasitas ibu ibu terkait dengan pasar," ungkap Afifi menyampaikan salah satu program kedepan yang sudah Ia rencanakan.(afm)





Artikel Rekomendasi