Panutan Umat, SAH dan Keluarga Lestarikan Tradisi Khatam Al-Quran di Bulan Ramadhan



Jumat, 29 April 2022 - 06:52:47 WIB



JAMBERITA.COM– Keluarga besar Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Jambi yang juga Anggota DPR RI Dr. Ir. H. A.R. Sutan Adil Hendra, MM terus memilihara tradisi saat Bulan Suci Ramadhan yakni khatam Al-Quran. Baik lelaki maupun perempuan, tua dan muda, biasanya berlomba untuk tadarus Al-Quran selama sebulan hingga tamat.

Anggota Fraksi Partai Gerindra ini, misalnya, mengaku, hampir setiap Ramadhan meniatkan diri untuk khatam Al-Quran. Menurutnya tradisi khatam Al Quran menjadi sesuatu yang rutin dan sakral dalam keluarganya.

“Ya dari kecil dulu di kampung saya dan istri orang tua kami selalu menghidupkan tradisi ini sebagai satu amalan, kebiasan menghidupkan Ramadhan di rumah yang penuh keberkahan, enak saja rumah jika kita banyak membaca Al Quran " ungkapnya, saat ditemui di rumahnya yang asri di kawasan Telanaipura (25/4/22) kemarin.

Dalam pengajian ini, selain mengundang keluarga dekat dan staf kantor, SAH juga mengundang beberapa ulama di Jambi seperti Ustadz Lohot Hasibuan, Ustadz Samin Batubara dan beberapa orang hafiz Qur'an. Acara khatam Qur'an ditutup dengan buka puasa bersama dan Sholat Tarawih.

Bapak Beasiswa Jambi ini mengaku minimal tamat satu kali selama bulan Ramadhan, meski ditengah berbagai kesibukannya selaku wakil rakyat. Menurutnya Khatam Al-Quran, Berharap berkah dari bulan Ramadhan

Menurut SAH, dirinya sendiri berbagi kebiasaan yang ia lakukan saat tadarus selama Ramadhan. Ia dan keluarga rutin membaca Al-Quran dengan perhitungan minimal dua lembar per waktu salat.

“Biasanya saya seperti itu, dua lembar per sholat. Misalnya subuh dua lembar, Dzuhur dua lembar, ashar dan lembar dan seterusnya. Terus saja seperti itu,” ungkapnya.

"Dengan tadarus Al-Quran saat Ramadhan kita bisa mendapatkan berkah dari bulan yang suci ini. Alhamdulillah, memang sudah terbiasa. Jadi, dibilang ya tidak berat juga sih (menjalaninya),” ucapnya.

Program satu hari satu juz Quran adalah keindahan dalam keluarga, SAH berniat terus melakukan tradisi ini setiap Ramadhan. “Insyaallah, akan terus memantapkan niat. Semoga mendapat keberkahan karena di bulan suci ini nilai kebaikan itu akan berlipatganda,” pungkasnya.

 




Artikel Rekomendasi