Waka MPR, Jaksa Agung, Para Gubernur dan Petinggi Lainnya Hadiri Paripurna HUT Jambi ke-65



Kamis, 06 Januari 2022 - 14:46:44 WIB



Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto pimpinan sidang paripurna HUT Jambi ke-65 Tahun
Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto pimpinan sidang paripurna HUT Jambi ke-65 Tahun

JAMBERITA.COM - Wakil Ketua (Waka) MPR Zulkifli Hasan hingga sederajat pejabat negara, para Gubernur tetangga dan para petinggi Jambi menghadiri rapat paripurna HUT Provinsi Jambi ke-65 tahun 2022 di Gedung DPRD Provinsi Jambi, Kamis (6/2/2022).

Sidang pun berlangsung khidmat yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto.

Dalam sambutannya Edi menyampaikan, rasa syukurnya bisa bersilaturahmi dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi untuk memperingati Hari Jadi ke-65 Provinsi Jambi Tahun 2022.

"Peringatan Hari Jadi ke-65 Provinsi Jambi Tahun 2022 kali ini mengambil tema ”MARI KITA MANTAPKAN EKONOMI MASYARAKAT DAN DAERAH MENUJU JAMBI MANTAP 2024”. Untuk itu atas nama Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Jambi, kami mengucapkan Dirgahayu Provinsi Jambi di Hari Jadi ke-65 pada tanggal 6 Januari 2022 semoga Jambi semakin jaya dan sejahtera," ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Edi mengatakan, atas nama Pimpinan dan seluruh Anggota DPRD Provinsi Jambi mengucapkan selamat Tahun Baru Masehi 2022."Semoga di tahun ini kita dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan terhadap masyarakat, sehingga program pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Provinsi Jambi dapat segera terwujud dalam keridhoan Allah SWT," harapnya.

Selanjutnya, dihadapan Waka MPR, Jaksa Agung dan Menteri Perhubungan serta Hadirin para Undangan tersebut, Edi menjelaskan, bahwa pada tanggal 6 Januari 1957 Badan Kongres Rakyat Djambi (BKRD) mendeklarasikan Keresidenan Jambi plus wilayah Kerinci sebagai Daerah Swatantra Tingkat I Jambi yang langsung berhubungan dengan Pemerintah Pusat.

"Realisasinya diundangkan dalam UU Darurat No. 19 tahun 1957 tanggal 9 Agustus 1957 dan dikukuhkuatkan dengan UU No.61 tahun 1958 tanggal 25 Juli 1958 tentang Pembentukan Daerah Swatantra tingkat I Sumatera Barat, Jambi dan Riau," paparnya.

Edi mengajak seluruh masyarakat provinsi Jambi, khususnya para pemangku kepentingan untuk kembali mengingat dan meresapi semangat dan keyakinan penuh para tokoh Jambi dalam berjuang mewujudkan terbentuknya provinsi Jambi di awal tahun 1957 tersebut.

"Haji Hanafi, Ketua Badan Kongres Rakyat Djambi saat itu mengatakan, ”Rakyat Jambilah atau orang-orang yang berada di Jambilah, utamanya Pemuda-pemuda harus siap sedia menyumbangkan derma baktinya demi menyelamatkan cita-cita rakyat Jambi untuk bangun sejajar dengan kemajuan-kemajuan yang dicapai saudara-saudara kita di daerah-daerah lain. Sekali Provinsi Tetap Provinsi!," tegasnya.

Raden Mardjoyo Pamuk, Ketua Gerakan Pembela Provinsi Jambi kala itu menyatakan, ”Timbul Sama Terapung dan Tenggelam Sama Terbenam, dengan maksud adanya kebersamaan dengan rasa tanggung jawab untuk memperjuangkan Jambi Keresidenan menjadi Provinsi Jambi."

"Dan berbagai pernyataan positif membangun dari para tokoh Jambi lainnya, yang karena keterbatasan waktu, tidak dapat saya sampaikan pada forum yang berbahagia ini," ujar Edi.

Poin penting dari semua pernyataan tokoh-tokoh Jambi tersebut adalah adanya sebuah semangat dan tanggung jawab bersama untuk menjadikan Jambi sejajar dengan daerah lain, membangun Jambi menjadi daerah yang selalu melakukan perbaikan dan inovasi menuju provinsi yang makmur, adil dan sejahtera masyarakatnya.

"Semangat dan tanggungjawab bersama ini penting untuk terus kita pupuk dalam melewati masa pandemi ini. Api semangat ini perlu terus kita nyalakan, sehingga segala potensi yang Jambi miliki, kekayaan Sumber Daya Alamnya dan Potensi Sumber Daya Manusianya, semuanya harus bermuara pada kemajuan dan kemakmuran masyarakat Jambi. Pada saat yang sama, segala bentuk tindakan perusakan alam Jambi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang hanya mementingkan kepentingan sesaat dan pribadi semata harus sama-sama kita cegah dan lawan," tegasnya.

Sebagaimana firman Allah SWT pada surat Al A’rof ayat 56, yang artinya : ”Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik”.

"Dengan semangat, tanggung jawab dan keyakinan bersama itu pula kita berharap dan berdoa semoga pemerintahan provinsi Jambi mampu menyelesaikan berbagai Pekerjaan Rumah (PR) yang masih tersisa," ungkapnya.

PR tersebut, mulai dari peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan Pendapatan Daerah, peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan, pembangunan infrastruktur dan peningkatan status jalan, penyelesaian konflik lahan yang masih tersisa, perluasan lapangan kerja, peningkatan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi, penyelesaian permasalahan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) dan Illegal Drilling, Mengatasi Pencemaran Sungai Batanghari, Solusi jangka panjang terhadap lalu lintas Angkutan Batubara dan sejenisnya, Mengatasi Banjir, dan lain-lain.

"Alhamdulillah, sebagai bentuk apresiasi atas kepedulian terhadap lingkungan hidup, DPRD Provinsi Jambi menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kesigapan TNI dan Polri dalam upaya pencegahan Karhutla, Illegal Mining, Illegal Drilling dan Pengendalian Lalu Lintas Angkutan Batubara," jelasnya.

Peraturan Daerah Provinsi Jambi Nomor 1 Tahun 1970 telah menetapkan tanggal 6 Januari sebagai Hari Jadi Provinsi Jambi. Maka di hari yang bersejarah ini DPRD Provinsi Jambi menggelar Rapat Paripurna sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT atas Hari Jadi provinsi Jambi yang ke-65.

"Alhamdulillah, dengan Semboyan ”Sepucuk Jambi Sembilan Lurah”, masyarakat provinsi Jambi mampu menjaga persatuan dan kesatuan, dan bergotong royong membangun Jambi demi peningkatan kesejahteraan masyarakat sebagaimana cita-cita para orang tua kita pencetus berdirinya provinsi Jambi," katanya.

Ini terkonfirmasi dengan laporan Indeks Kebahagiaan 2021 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik bahwa provinsi Jambi menempati urutan keempat dari 10 provinsi yang paling bahagia di Indonesia."Kita juga patut berbangga bahwa baru-baru ini Pemerintah Provinsi Jambi telah meraih 7 penghargaan dari beberapa Kementerian Republik Indonesia dan Media Group diantaranya terkait Peningkatan Produksi Padi dan Ekspor Komoditas Pertanian Tertinggi, Daerah Peduli Perlindungan Konsumen, Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, Produktifitas Mahakarya dan Penghargaan dari Menteri Dalam Negeri RI sebagai Provinsi yang Sangat Inovatif," tuturnya.

Lebih lanjut Edi menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para orang tua dan pendahulu, para pejuang pendiri Provinsi Jambi yang tanpa pamrih telah mewariskan negeri ini untuk kehidupan dan anak cucu di masa depan. "Semoga amal ibadah mereka mendapatkan balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT," harapnya.

Pejabat yang hadir dalam rapat HUT Jambi ini, yakni Wakil Ketua MPR RI Dr.(HC) Zulkifli Hasan,SE,MM, Jaksa Agung RI Bapak Prof.Dr.ST. Burhanuddin,SH,MM beserta Isteri. Menteri Perhubungan RI Ir. Budi Karya Sumadi, Duta Besar RI untuk Rumania dan Moldova M.Amhar Azeth, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI H. Eddy Suparno,SH,MH.

Para Anggota DPR-RI serta DPD-RI dari Daerah Pemilihan Provinsi Jambi, Gubernur Jambi besert Hj. Hesnidar Al Haris SE. Wakil Gubernur Jambi beserta Hj. Komariah Abdullah Sani, Para keluarga yang mewakili Pahlawan Nasional dan keluarga Para Pencetus Berdirinya Provinsi Jambi.

Konsul Jenderal Kehormatan Republik Turki untuk Pulau Sumatera Dr.H. Rahmat Shah, Gubernur Jambi periode 2010-2015 Drs. H. Hasan Basri Agus, MM, beserta Istri, Wakil Gubernur Jambi periode 2005-2010, Drs.H.Antoni Ziedra Abidin beserta Isteri, Isteri Gubernur Jambi dua periode tahun 1979-1989 Hj. Juniwati Mascjhun.

Jaksa Agung Muda Pidana Umum Kejagung RI Dr. Fadil Zumhana, Deputi IV Kemenko Polhukam RI Bidang Pertahanan Negara Mayjen.TNI. Hilman Hadi,S.IP,MBA.M.Hum. Deputi V Kemenko Polhukam RI Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Irjen Pol. Armed Wijaya.

Plt. Sekretaris Menpora Dr. Joni Mardizal,MM, Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik Drs. La Ode Ahmad P Bolombo,AP,M.Si, Kepala BPSDM Kementeria PUPR RI. Direktur Politeknik STIA LAN Bandung Dr. Joni Dawud, DEA. Wakil Rektor IPDN Bidang Administrasi Dr. Rizari,MBA,M.Si dan Kepala Satuan Manggala Brigjen Pol Dody Marsidy, M.Hum, Cfr.A.

Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Kementerian Dalam Negeri Dr. Heriyandi Roni, Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru,SH,MM, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Gubernur Riau Drs. Syamsuar,M.Si, Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad, Gubernur Jawa Barat yang diwakili oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Otda.

Gubernur Bangka Belitung yang diwakili oleh Kepala Biro Pemerintahan, Gubernur Jawa Barat yang diwakili oleh Kepala Biro Pemerintahan, Gubernur Jawa Timur yang diwakili oleh Kepala Biro Pemerintahan, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Drs. Baskami Ginting, Ketua DPRD Riau Yulisman,S.Si.

Ketua Umum ASKI I Ketut Putrayasa,M.Pd, Ketua Dewan Kopi Indonesia Dr.Ir. Anton Apriantono,M.S, Ketua Komite Olah Raga Rekreasi Masyarakat Indonesi (KORMI) Hayono Isman. Sekretaris Badan Geologi Nasional Kementerian ESDM RI Dr.Ir. Ediar Usman,MT, Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Dr. Febrie Ardiansyah,SH,MH beserta Isteri. Kajati Sulawesi Tenggara Sarjono Turin,SH,MH, Kajati Kalimantan Selatan Rudi Prabowo Aji,SH,MH, Para Wakil Ketua dan rekan-rekan Anggota DPRD Provinsi Jambi beserta isteri.

Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Jambi, Ketua Pengadilan Tinggi Jambi, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi, Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Jambi, Kepala BPK-RI Perwakilan Jambi dan Ketua Ombudsman Perwakilan Jambi beserta Isteri. Kapolda Jambi tahun 2018-2020 Drs. Muchlis,MH, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi beserta Isteri, Para Asisten, Staf Ahli Gubernur Jambi, Kepala Badan, Dinas/Kantor, Kepala Biro dan Instansi Pemerintah Provinsi Jambi.

Kepala Bappeda Provinsi se-Sumatera yang hadir: Provinsi Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Lampung, Riau, Kepri dan Bengkulu. Pimpinan TNI dan Polri, Kepala BNN Jambi serta Kepala BIN Wilayah Jambi. Ketua dan Anggota KPU Provinsi Jambi, Ketua dan Anggota KPID Provinsi Jambi dan Ketua dan Anggota Komisi Informasi serta Ketua dan Anggota Banwaslu Provinsi Jambi.

Para Pimpinan Partai Politik di Provinsi Jambi, Bupati/Walikota se-Provinsi Jambi beserta Isteri. Ketua DPRD Kab/Kota se-Provinsi Jambi beserta Istri, Kepala Kejari se-Provinsi Jambi, Para Rektor Perguruan Tinggi Negeri ataupun Swasta di Provinsi Jambi, Para Pengurus dan Anggota Lembaga Adat Melayu Jambi Perwakilan Khusus DKI Jakarta dan Sekitarnya.

Badan Musyawarah Keluarga Jambi (BMKJ) dan Pengurus Perkumpulan Orang Jambi Perantau (POJP) di Jakarta. Kol (Purn) Kaulan Isdiarto, Para Tenaga Ahli Fraksi,Tenaga Ahli Pimpinan dan Kelompok Pakar atau Tim Ahli Komisi DPRD Provinsi Jambi. Ketua Organisasi Kemasyarakatan, Pemuda, Para Pengusaha, Pimpinan Badan Eksekutif Mahasiswa dan Rekan-rekan Jurnalistik Provinsi Jambi, para Sekretaris DPRD, Kabag Pemerintahan Setda Kab/Kota dan para Camat se–Provinsi Jambi.(afm)





Artikel Rekomendasi