Desa di Jambi Harus Mandiri, 2020 Anggarannya Naik Jadi Rp1,4 Triliun



Kamis, 12 September 2019 - 11:36:40 WIB



JAMBERITA.COM - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) Provinsi Jambi mengklaim dari 1.399 desa, masih terdapat 14 desa yang sangat tertinggal.

Padahal, menurut Kepala DP3AP2 Provinsi Jambi Dra Luthpiah dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat itu tidaklah sedikit. Rata-rata Rp800 juta/Desa. Untuk tahun ini saja dana desa yang dikucurkan itu, provinsi Jambi mendapat Rp1,04 Triliun.

"Tahun 2020 besok naik jadi Rp1,4 Triliun, kita kan dana desa se-Indonesia itu naiknya jadi Rp70 triliun," ungkapnya ketika ditemui diruang kerjanya, Selasa (11/9/2019).

Ketika dilihat dari dana desa itu rata rata Rp800 juta/perdesa seharusnya Pemerintah Desa dengan kewenangan dan otonominya harus inovatif dalam mengembangkan segala potensi yang dimiliki agar dapat mengeliatkan perekonomian.

"Artinya supportnya sudah sangat baik, apalagi ditambah dengan dana alokasi Desa dan APBD Kabupaten, seharusnya memang, kalau kita lihat dari dana yang sudah disiapkan, desa harus mandiri," terangnya.

Pihaknya terus berupaya memberikan support kepada setiap desa di kabupaten kota, karena mereka di DP3AP2 mempunyai program pembangunan kawasan perdesaan. Sayangnya kebanyakan desa belum bisa mengelola potensi yang ada.

"Kalau bisa bukan cuma satu desa saja, tetapi berimbas ke semua desa, Pemerintah kabupaten (Pemkab) juga harus mendorong dan mensuport," jelasnya.

Misalnya, di Kabupaten Muaro Jambi itu terdapat percandian, Kabupaten Merangin ada Arum Jeram dan Bangko adalah kota tertua alamnya hampir sama di Kabupaten Kerinci juga punya banyak potensi yang sebenarnya dapat dikembangkan.

"Iya mulai dari kulinernya, wisatanya, dan industri kreatif nya, icon cindra mata apa, serta menciptakan kaos-kaos yang harus bisa dijual oleh masyarakat ketika dikunjungi para wisatawan yang datang," pungkasnya.(afm)










loading...








TP PKK Tanjabbar Gelar Rakor Tahun 2019

TP PKK Tanjabbar Gelar Rakor Tahun 2019

Jumat, 06/12/2019 16:34:40