Kopertais Wilayah XIII Jambi Terus Kawal Akreditasi PTAIS Jambi



Minggu, 07 Juli 2019 - 08:35:16 WIB



JAMBERITA.COM  – Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam (Kopertais) Wilayah XIII Jambi terus berkomitmen kuat dalam menjalankan tugas dan wewenangnya sebagai lembaga pengawasan, pengendalian, dan pembinaan perguruan tinggi swasta di Provinsi Jambi, terutama untuk masalah akreditasi. Kali ini Kopertais Wilayah XIII Jambi mengawal proses akreditasi di Kampus STAI An-Nadwah Kuala Tungkal. 

Sekretaris Kopertais Wilayah XIII Jambi, Drs As’ad Isma, M.Pd mengatakan, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kembali melakukan peningkatan Akreditasi di sejumlah kampus yang ada di Jambi. Salah satunya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar). Kunjungan Tim BAN-PT tersebut untuk melakukan peningkatan akreditasi jurusan di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) AN-NADWAH Kuala tungkal. "Tim yang turun yakni Prof M Nasir M Si, dari Kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) dan Dr.Anton Bawono. MA, dari kampus IAIN Salatiga," katanya.

Ia mengatakan, proses akreditasi ini untuk mengukur standar mutu akademik yang ditetapkan oleh BAN PT. Terutama dalam proses akademik, tujuh standar BAN PT yang mutlak dijalankan disetiap kampus. “Peningkatan akreditasi ini penting dilakukan, karena untuk peningkatan mutu kampus STAI An-Nadwah," sebutnya.

Selain itu,  As’ad Isma juga mengungkapkan bahwa Kopertais Wilayah XIII Jambi akan terus memaksimalkan tugas dan fungsinya sebagai lembaga pengawasan, pengendalian dan pembinaan kampus swasta yang ada di Jambi untuk bisa bersaing dengan kampus-kampus lainnya. Tidak hanya itu, 34 prodi baru juga sudah diakreditasi plus 1 ini menjadi 35 prodi. “ Baik kampus dan 35 prodi sudah terakreditas semua, lima kampus diakreditasi institusi,” jabarnya. 

akreditasi merupakan kunci untuk mendorong peningkatan daya saing perguruan tinggi. Mengelola perguruan tinggi hingga bisa diakreditasi bukanlah pekerjaan yang mudah. Hal tersebut membutuhkan keseriusan dan kerja keras, agar mutu dan kualitas perguruan tinggi yang ada di daerah tidak kalah dengan perguruan tinggi yang ada di kota-kota besar. “ Inilah yang menjadi fokus dan keseriusan Kopertais Wilayah XIII Jambi,” tukasnya. (*/am) 



Artikel Rekomendasi