Bikin Ketagihan, Cabai Bisa Atasi Peradangan dan 4 Manfaat Ini



Rabu, 19 Juni 2019 - 17:05:11 WIB



Jakarta - Tak sedikit masyarakat Indonesia yang gemar mengkonsumsi cabai. Rasanya tidak lengkap jika tidak ada cabai sebagai pendamping makan pagi, siang dan malam. Rupanya, di balik rasanya yang pedas dan membuat banyak orang ketagihan, cabai juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Melansir dari Health Line dan Natural Food Series, berikut adalah lima di antaranya.

1. Menurunkan berat badan

Sadarkah Anda bahwa dengan mengkonsumsi cabai, berat badan Anda dapat terjaga dan tidak mudah naik? Hal tersebut disebabkan oleh kandungan termogenesis atau pembuat rasa pedas dan panas pada cabai. Dalam hal ini, saat Anda mengonsumsinya, tubuh pun akan dirangsang untuk mengeluarkan keringat. Dengan demikian, kalori pun akan terbuang dan berat badan menjadi terjaga.

2. Meningkatkan imunitas

Sistem imunitas sangat penting untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi cabai, imunitas akan meningkat. Cabai mengandung tinggi beta-karoten dan pro-vitamin A yang bertugas untuk menstimulasi sistem imun tubuh.

3. Mengatasi peradangan

Cabai mengandung zat yang disebut capsaicin. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa kandungan tersebut dapat menjadi pengobatan yang efektif bagi banyak gangguan peradangan. Contohnya ialah radang sendi, psoriasis, dan neuropati diabetes.

4. Menghilangkan sumbatan

Kandungan capsaicin tidak hanya mengurangi peradangan, tetapi juga dipercaya dapat menyembuhkan sumbatan pada hidung. Capcaisin merangsang sekresi yang membantu membersihkan lendir dari hidung atau paru-paru yang tersumbat. Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan serupa, tak ada salahnya untuk mencoba.

5. Baik bagi kesehatan kardiovaskular

Cabai merah, seperti cabe rawit, telah terbukti mengurangi kolesterol, kadar trigliserida, dan agregasi platelet. Selain itu, ia juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melarutkan fibrin, yakni suatu zat yang tidak terpisahkan dari pembentukan bekuan darah. Tak heran, ia sangat berguna untuk menjaga tubuh dari penyakit kardiovaskular seperti resiko serangan jantung, stroke, dan emboli paru.(sumber.tempo.co)










loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi