Saksi 02 Ini Pertanyakan Alasan KPU Tidak Laksanakan PSU Di Desa Ranggo



Kamis, 09 Mei 2019 - 22:14:40 WIB



Armen Siregar, Saksi 02 saat memberikan tanggapan
Armen Siregar, Saksi 02 saat memberikan tanggapan

JAMBERITA.COM - Saksi Pasangan calon Presiden nomor urut 02, Prabowo - Sandi, Armen Siregar, mempertanyakan sikap KPU Sarolangun yang tidak melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) sesuai rekomendasi Panwaslu Kecamatan Limun di TPS 3 Desa Ranggo.

Bukan hanya itu saja, saksi juga pertanyakan masyarakat yang memilih menggunakan KTP diluar desa tersebut namun dapat menggunakan hak suara dan malahan mendapatkan 5 jenis surat suara.

"Kami mempertanyakan masalah ini, kami minta penjelasan ini," katanya, Kamis (9/5/2019).

Ketua KPU Sarolangun, Muhammad Fakhri, mengatakan, pihaknya tidak bisa melakukan PSU sesuai dengan rekomendasi dikarenakan terbenturnya dengan aturan didalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017.

Didalam Undang-Undang tersebut dijelaskan dalam pasal 373 ayat 3 bahwa PSU dilakukan paling lambat 10 hari setelah pemilu dilaksanakan. "Namun, rekomendasi itu kami terima pada 27 April pukul 12.00 WIB. Sesuai dengan aturan kami tidak bisa menanggapi itu," katanya.

"Ini juga tidak bisa dilakukan juga setelah berkoordinasi dengan Provinsi. Karena jika PSU dilakukan, C6 harus diserahkan sehari sebelum dilakukan PSU," jelasnya.

Di tempat yang sama, Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi, Wein Arifin, menyebutkan, bahwa rekomendasi pengawas pemilu itu tidak mengenal batas waktu.

Hanya saja memang karena aturan mengatur batasan waktu, tetap ini menjadi tidak bisa dilakukan. "Ada jalan lain untuk menyelesaikan masalah ini, seperti di Mahkamah Konstitusi untuk kasus ini," katanya. (am)












loading...








TP PKK Tanjabbar Gelar Rakor Tahun 2019

TP PKK Tanjabbar Gelar Rakor Tahun 2019

Jumat, 06/12/2019 16:34:40