Perselisihan Data PDIP dan Perindo, KPU Tolak Buka Kotak Suara Dengan Alasan Ini



Senin, 06 Mei 2019 - 20:47:49 WIB



Suasana diskusi
Suasana diskusi

JAMBERITA.COM - Perselisihan data yang terjadi antara PDIP dan Perindo di Jambi Selatan dan Paalmerah akhirnya diselesaikan lewat diskusi. Semua pihak akhirnya duduk bersama untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Pada kondisinya, PDIP sendiri ingin membuka kotak untuk memastikan suara tersebut memang benar. "Kami hanya ingin memastikan semuanya benar," kata Saksi dari PDIP dalam pleno rekapitulasi Senin (6/5/2019).

Meskipun begitu, KPU menolak membuka kotak tersebut dikarenakan berdasarkan penjelasan dari PPK dan Panwaslu, bahwa yang diperkarakan oleh saksi ini merupakan kasus yang sama ketika pleno tingkat kecamatan. "Ini sudah diselesaikan di tingkat kecamatan, dan kita sudah sama-sama mendengar penjelasan dari PPK dan Panwaslu Kecamatan," kata Komisioner KPU Kota Jambi, Hazairin.

Pihaknya tidak bisa mengakomodir terkait buka kotak, karena masalah ini sudah selesai. Menurutnya, ada upaya hukum lain yang dilakukan oleh saksi ketika memang tidak menerima hasil tersebut. "Ada Mahkamah konstitusi, silakan gugat kesana," ujarnya.

Pimpinan Bawaslu Kota Jambi, Ibnu Arafah dalam melihat kondisi ini menyebutkan untuk buka kotak suara harus sesuai dengan aturan. Dalam proses pleno tingkat kota, tidak ada lagi bahasa buka kotak, karena proses itu sudah dilakukan di kecamatan. "Tambah lagi yang dipermasalahkan juga sudah dilakukan buka kotak suara, jadi semuanya selesai. Untuk membuka kotak suara, harus dengan aturan, tidak dengan kesepakatan," sebutnya. (am)












loading...