Ini Data Pemilih Disabilitas yang Ada di Provinsi Jambi



Kamis, 10 Januari 2019 - 06:51:54 WIB



Ahdiyenti
Ahdiyenti

JAMBERITA.COM- KPU Provinsi Jambi telah sudah mengelompokkan data pemilih dalam pemilu 2019 mendatang. Salah satunya pemilih disabilitas yang tersebar di 11 Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi.

Jumlah pendataan yang dilakukan pantarlih hingga ditetapkan daftar pemilih tetap (DPT) yakni mencapai  3.673 pemilih. Mereke terdiri dari tuna daksa, tuna netra, tuna rungu, tuna grahita dan penyandang disabilitas lainnya.

Komisioner KPU Provinsi Jambi, Ahdiyenti, mengatakan pemilih disabilitas dilakukan pendataan sejak masa awal coklit dilakukan. Mereka harus mendapatkan perhatian agar bisa memiliki hak yang sama di Pemilu tahun depan.  “Data ini merupakan hasil coklit kita sejak awal penyusunan data pemilih dan terus kita maksimalkan hingga penetapan DPTHP2,” ujarnya, Selasa (8/1/2019) kemarin.

Untuk penyandang disabilitas, kata Ahdiyenti, tuna grahita dan mental memang mendapatkan perhatian publik. Soalnya banyak yang menduga penyelenggara mendata orang ganguan jiwa di jalanan. “Jadi bukan orang gila dijalanan yang kita data, Mereka ini hanya mereka yang mengidap ganguan mental, sebagain ada yang dirumah sakit jiwa,  itupun sudah ada yang terdata di rumah,”  ungkapnya.

Untuk penyandang tuna grahita dan mental sudah ada pendataan sejak pemilu 2014. Bahkan pada Pilkada 2015 hingga 2018 kemarin juga sudah masuk dalam data pemilih.  “Jadi untuk disabilitas ini sangat kita memperhatikan betul. Untuk penyandang tuna netra saja kita siapkan braille,” katanya.(*/sm)

Tuna Daksa         : 891 Pemilih

Tuna Netra         : 616 Pemilih

Tuna Rungu        : 863 Pemilih

Tuna Grahita      : 597 Pemilih

Lainnya                 : 706 Pemilih












loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi