Mendagri Minta 3 Gubernur Lakukan Kordinasi Dalam Pengelolaan Transportasi Jabodetabek



Rabu, 09 Januari 2019 - 07:23:57 WIB



Tjahjo Kumolo
Tjahjo Kumolo

AMBERITA.COM, JAKARTA- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dalam keterangan persnya pada saat rapat terbatas membahas pengelolaan transportasi di Jabodetabek menyampaikan perlu adanya satu atap koordinasi dari pengelolaannya. “Bapak Prisiden mencermati bahwa faktor koordinasi itu harus menjadi kata kunci,”  ujar Tjahho saat dimintai keterangannya, Selasa (8/1/2019).

Dirinya sebagai Mendagri nanti akan terus  memonitor agar DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten,  Bekasi, Bogor, Depok, Tanggerang, Tangsel dan Pemerintah Pusat itu atas satu sistem koordinasi. Jangan sampai misalnya, menentukan stasiun transit saja  antara Pemda DKI, Pemda Jabar, Pemda Banten antara BUMN, antara kementerian saling tumpang tindih.

Ia juga menyampaikan nantinya akan mencoba mengkoordinir untuk  pusatnya akan langsung oleh Bapak Presiden  dan Bapak Wapres yang mengkoordinir.

“ Yang intinya adalah satu tahun  itu sudah mencapai kerugian karena dampak dari kemacetan di Jabodetabek hampir 100 triliun. Sekarang ini bagaimana membangun jaringan antara Jakarta - Bekasi sampai ke Jakarta - Bogor, Depok, Jakarta -  Tangerang Tanggerang Selatan, Depok,. Intinya Jabodetabek terintegrasi,” beber Tjahjo.

Tjahjo juga menjelaskan saat ini transportasi dari airport sudah ada Bis, LRT-nya, dan MRT. Ini harus terintegrasi. Secara prinsip, arahan Bapak Presiden dengan mengundang  tiga gubernur, yaitu Gubernur DKI, Gubernur Jawa Barat dan Gubernur Banten tadi untuk secepatnya saling ketemu.

“ Ini kalau bicara masalah Jabotabek itu sudah ada Perpresnya, peraturannya ada tapi tidak pernah jalan, sudah diputuskan jadi secepatnya karena sudah mencapai kerugian yang luar biasa dari dampak kemacetan, jadi roda transportasinya bisa ada alternatifnya dan faktor kemacetannya juga akan bisa diurai,” kata Tjahjo.

Dia akhir keterangannya, Tjahjo menjelaskan bahwa yang penting ada kesepakatan dari tiga gubernur. Kemudian nanti akan dikomunikasikan  oleh Kemendagri kepada pemda, agar ada satu manajeman, satu pengorganisasian.  “Ini harus kompak tiga gubernur  yang penting masing-masing Pemda diberikan otoritas, nanti akan diputuskan dalam  rapat jalur Bapak Wapres,” pungkas Tjahjo.(*/sm)










loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi