Kompetisi Ketat, Ini yang Dilakukan Caleg DPD RI untuk Dulang Suara di Pemilu 2019



Rabu, 29 Agustus 2018 - 20:48:15 WIB



Suasana rakot dengan calon DPD RI
Suasana rakot dengan calon DPD RI

JAMBERITA.COM- Sebanyak 21 nama bakal calon DPD RI dinyatakan sudah memenuhi syarat dan segera ditetapkan KPU RI. Jika melihat nama-nama yang sudah memenuhi syarat, maka bisa dipastikan kompetisi menuju 4 besar DPD RI bakal ketat.

Dimana, dari petahana ada 3 calon yakni M Syukur, Daryati Uteng, dan Abub Bakar Jamalia. Bahkan Syukur sudah dua periode berhasil memenangkan kompetisi. Lalu ada mantan petahana Elviana. Ia sudah tiga periode berada di senayan. Dua kali lolos sebagai Anggota DPR RI dan pernah menjadi anggota DPD RI.

Berikutnya, ada dua Ketua DPRD yakni Ria Mayang Sari, Ketua DPRD Bungo yang juga Putri dari Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar. Kemudian, Salma Mahir, Ketua DPRD Muarojambi yang juga adik dari Ketua DPD Demokrat Provinsi Jambi, Burhanuddin Mahir.

Di kalangan politisi ada Saipul Azwar, politisi senior dari PAN, Yasir dari PKS. Dalam kalangan pengusaha ada Erick, Azhar Mulia, Sum Indra dan sejumlah aktivis seperti Ibnu Kholdun dan masih banyak lagi.

Sum Indra mengatakan dirinya akan mengkonsolidasikan basis pemilihan di kota Jambi. Dia mengatakan salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mencari kembali basis suara saat pemilihan Wali Kota dan wakil walikota Jambi 2008 dan 2013 lalu. " Ya kita akan jajaki massa saat pilwako lalu," ujar Sum Indra.

Dia mengatakan selain itu juga akan menggaet tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan masyarakat lainnya untuk mendongkrak suara. Termasuk kemungkinan menggandeng tokoh parpol jika diizinkan aturan.

Seperti diketahui Sum sendiri dahulu rajin turun memenangkan HBA di Pilgub lalu. Apakah akan turun bersama HBA yang juga maju DPR RI? “Iya kalau dizinkan. Tapi tidak hanya Pak HBA, kalau bisa semakin banyak semakin baik,”ucapnya.

Dia mengatakan optimis akan mendapatkan suara terbanyak saat pemilihan umum legislatif mendatang. Apalagi basis yang dipertahankan itu realistis.

Selain itu, calon petahana Elviana juga akan menjaga kosetuen saat pemilihan legislatif lalu. Anggota legislatif tiga periode ini mengatakan semua daerah di Jambi adalah basis pemilih. Namun dia mengatakan memang ada prioritas daerah yang akan menjadi lumbung suara. "Kita lihat nanti, yang jelas kita berusaha untuk menjaga basis masa yang ada," ujar Elviana.

Dia mengatakan saat ini dia sedang transisi, dimana saat ini menjadi anggota legislatif RI dan akan mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI, maka harus punya strategi yang berbeda. Namun demikian dia yakin akan memenangkan karena dia juga pernah menjadi anggota DPD RI pada pemilihan 2009 lalu.

Lalu bakal calon anggota DPD RI yang juga petahana yakni Daryati Uteng juga akan mempertahankan basis masa yang sudah ada. (*/sm)

 







loading...