Sambut Lebaran, Pemuda Sebukar Lakukan Pawai Obor Keliling Desa



Kamis, 14 Juni 2018 - 22:23:11 WIB



Suasana pawai obor
Suasana pawai obor

JAMBERITA.COM, KERINCI- Menyambut lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1439 H,  salah satu tradisi yang masih dilakukan pemuda di Kerinci adalah melakukan Pawai Obor keliling desa. Tradisi ini, masih dipertahankan oleh pemuda desa sebukar, kecamatan Situnjau laut.

Pawai obor dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H ini, dilakukan oleh Karang Taruna, Hippmas, Remaja Masjid, beserta masyarakat Desa Sebukar. Pawai arak-arakan  dilaksanakan setelah sholat Isya, dimulai dari Masjid Raya Sebukar dan mengelilingi Desa Sebukar.

Meskipun cuaca tidak mendukung namun semangat seluruh warga Sebukar hingga anak-anak untuk mengikuti pawai cukup tinggi. Hal tersebut terbukti dengan, sebelum shalat Isya, halaman masjid sudah penuh oleh seluruh warga Sebukar dengan menggunakan pakaian muslim.

“Pada saat pawai, bukan hanya saja dimeriahkan dengan gema takbir, obor, akan tetapi juga dengan Drum Band yang membuat kegitan pawai lebih meriah,” ujar Ketua Panitia, Abdul Rahman.

“Acara ini dilakukan rutin tahunan, dan di hari raya Idul Fitri nantinya kami akan melaksanakan kegiatan Semarak Dinamika lebaran” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Sebukar, Tablik Depati, dikonfirmasi sangat mengapreasiasi terkait kegiatan yang dilaksanakan oleh para pemuda dan pemudi Desa Sebukar dalam menyambut lebaran. “Kegiatan ini telah menjadi tradisi masyarakat Desa Sebukar dari tahun ketahun,” ujarnya.

Selain pawai obor akan banyak lagi kegiatan yang akan dilaksanakan di hari lebaran nanti, Turnamen Sepak Bola dan Pemutaran Film Dokumenter hasil Karya Pemuda Sebukar.(adlin, Kerinci)



Artikel Rekomendasi