Cegah Stunting, SAH Ajak Orang Tua Kenalkan Ikan Sejak Dini Pada Anak



Sabtu, 01 Oktober 2022 - 08:21:04 WIB



JAMBERITA.COM - Luar biasa kreativitas Anggota Komisi IX DPR RI Dr. Ir. H. A.R. Sutan Adil Hendra, MM dalam membangun narasi untuk mencegah stunting dikalangan anak. Kali ini Anggota DPR yang kerap disapa SAH mengajak orang tua mengenalkan ikan sejak dini pada anak sebagai makanan utama.

"Saya itu di kampung sejak kecil sama orang tua selalu diberi makan ikan, kadang gurami, kadang gabus, ikan lele, atau sesekali ikan laut dari Sibolga, pokoknya tiap hari nyaris tiada menu tanpa ikan, dan alhamdulilah semua besar tinggi, sehat dan cerdas" ungkapnya setengah berseloroh saat Anggota Fraksi Partai Gerindra itu Kunjungan Spesifik (30/9) di Medan kemarin.

Menurut legislator yang dijuluki Bapak Beasiswa Jambi ini, Kandungan gizi ikan, sangat-sangat relevan untuk mendukung program pencegahan stunting, terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan.

Keunggulan tersebut diantaranya mengandung asam lemak Omega 3 tinggi untuk perkembangan mata, otak, dan jaringan syaraf serta memiliki komposisi asam amino lengkap.

"Sehingga mudah dicerna dan diserap tubuh, serta sumber vitamin D dan Kalsium bagi pertumbuhan tulang,” ujarnya.

SAH selanjutnya mengingatkan mitra kerjanya baik BKKBN dan BPOM untuk terus berbenah untuk mendukung penurunan stunting. Meski pada tahun 2019 prevalensi stunting turun menjadi 27,67% dari 30,8% pada tahun 2018 (Survei Status Gizi Balita Indonesia, 2019), namun angka ini masih diatas angka toleransi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yaitu 20%.

"Angka prevalensi stunting ini berpotensi meningkat dengan adanya pandemi Covid-19 di Indonesia yang berdampak pada sosial dan ekonomi masyarakat, kita harus kerja keras melawan ini," tandasnya.(*/sm)





Artikel Rekomendasi