PLN Kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jambi, lestarikan flora endemik



Jumat, 24 Juni 2022 - 21:04:44 WIB



JAMBERITA COM - PLN UPDK Jambi lakukan serah terima Program Pelestarian Plasma Nutfah Florikultura Anggrek Endemik Jambi melaui PLN Peduli, guna mengurangi degradasi habitat alami, melindungi serta mencegah hilangnya _spesies_ Anggrek Endemik Jambi yang terancam punah, diantaranya. Anggrek Macan (Gramathopylum), Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata), Anggrek Bulan Jambi (Violacea), spesies Dendrobium dan Eria Velutina.

Bantuan senilai Rp 20 Juta tersebut digunakan untuk renovasi screening house, pembibitan dan pupuk untuk kawasan konservasi UPTD Balai Perbenihan TPH Provinsi Jambi di Satuan Kerja Taman Anggrek Sri Prof. Dr. Sri Soedewi Jambi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan Jambi, Firman Ramdan. Sekretaris Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Jambi, Jamilah. Kepala UPTD Balai Perbenihan TPH Provinsi Jambi, Ir. Kgs. Taufiq. Tim TJSL PLN UPDK Jambi dan Tim dari Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Jambi.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Jambi, Jamilah, mewakili kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Jambi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada PLN "Terimakasih Kepada PLN UPDK Jambi yang telah membantu dalam Pelestarian Plasma Nutfah Florikultura Anggrek Endemik Jambi melalui TJSL / PLN Peduli dengan terjaganya flora endemik ini kita juga dapat melakukan edukasi secara langsung bagi para pengunjung yang datang kesini dengan memperlihatkan wujud asli daripada flora tersebut", Ujar Jamila.

Selanjutnya pada saat serah terima bantuan Ir. Kgs. Taufiq selaku penerima manfaat memberikan apresiasi kepada PLN “Bukan nilai bantuan yang kami lihat, namun semangat dan perhatian dari PLN UPDK Jambi yang mau turut andil membantu Pemerintah Provinsi Jambi dalam melestarikan flora endemik ini, terimakasih atas perhatian dan bimbingan dari PLN UPDK Jambi semoga PLN dapat terus berkontribusi” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Manager PLN UPDK Jambi, Firman Ramdan, menyampaikan pesan "Program TJSL Konservasi Plasma Nutfah Florikultura Anggrek Endemik Jambi ini memang tidak ada kaitannya langsung dengan proses bisnis kelistrikan, namun ini merupakan kewajiban kami dalam memperhatikan dan memelihara lingkungan. Bukan cuma Anggrek beberapa waktu lalu kami juga memiliki Program Unggulan yaitu Pelestarian Fauna Arwana Endemik Jambi selanjutnya kami sangat berterimakasih sekali lagi PLN UPDK Jambi dapat bekerjasama dengan Pemerintah", ujar Firman.

Dengan adanya bantuan dari PLN tersebut juga berdampak pada perbaikan fasilitas di Taman Anggrek Sri Prof. Dr. Sri Soedewi Jambi, sebab selain berfungsi sebagai tempat Konservasi Taman Anggrek Sri Prof. Dr. Sri Soedewi Jambi juga dibuka untuk umum sebagai tempat wisata.

Selanjutnya PLN UPDK Jambi melalui PLN Peduli berkomitmen untuk terus berperan nyata dalam pelestarian Flora dan Fauna khususnya yang merupakan endemik Jambi.(*)



Artikel Rekomendasi