MOU 3 RS, dr Iwan Dakota ke Gubernur Jambi : Siapkan Nakes, Kalau Bisa Putra Daerah



Sabtu, 18 Juni 2022 - 19:12:10 WIB



Foto : Setelah Penandatanganan Perjanjian Kerjasama di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jum'at (17/6/2022).
Foto : Setelah Penandatanganan Perjanjian Kerjasama di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jum'at (17/6/2022).

JAMBERITA.COM - Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Dr.dr. Iwan Dakota,Sp.JP(K) mengungkapkan alasan kedatangan tim visitasi ke RSUD Raden Mattaher merupakan perintah Menteri Kesehatan (Menkes) RI.

"Kami membantu pak Gubernur dan masyarakat di sini cuma satu, targetnya supaya akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan terbaik tidak hanya di Jakarta tapi di sini juga," kata Iwan, usai melakukan penandatanganan kerjasama di Audutorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jum'at (17/6/2022).

Menurut Iwan, masyarakat Jambi mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik. Kedepan, apabila masyarakat Jambi memerlukan tindakan lebih lanjut dalam penanganan kasus bedah jantung, kanker dan stroke tidak perlu dikirim sampai ke Jakarta melainkan cukup di Jambi saja.

"Makanya kelas rumah sakit ini akan ditingkatkan nanti dengan tipe A. InsyaAllah dengan semua layanan MOU tadi, bisa berjalan dengan baik menjadi Rumah Sakit Utama dengan target kalau bisa tidak perlu sampai di ke Jakarta apalagi ke luar negeri," jelasnya.

Iwan menegaskan Jambi menjadi prioritas karena berbatasan Protex dan juga perintah dari Kementerian, sehingga kedepan masyarakat Jambi yang butuh penanganan medis jangan sampai berobat keluar daerah.

"Keluar itu ada Rp10,8 Miliar US dolar, uang masyarakat Indonesia itu dibelanjakan keluar untuk layanan kesehatan sekarang Jambi yang harus di Protex. Kalau bisa masyarakat Jambi ini, kita punya cita-cita tidak perlu sampai ke luar negeri, tidak perlu sampai Jakarta cukuplah di Jambi," harapnya.

Terkait Tenaga Kesehatan (Nakes) Iwan menegaskan itu merupakan PR Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mempersiapkannya, kalau bisa berasal dari putra daerah."Tenaga medis kita sudah mapping tenaga apa saja yang dibutuhkan kalau memang itu kurang tenaganya kita harus cari," tambahnya.

Kalau bisa Nakes atau SDM-nya itu putra daerah. Untuk itu Iwan menyatakan agar Gubernur Jambi Al Haris menyiapkan tenaganya."Kami minta dari pak Gubernur menyiapkan putra daerah Pak, supaya mereka benar-benar bisa bekerja," jelasnya.

Selanjutnya, Iwan Dakota juga menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Jambi Al Haris terkait dengan langkah-langkah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di RSUD Raden Mattaher. "Wah, ini sangat-sangat progresif Pak Gubernur nya, salah satu Gubernur yang sangat cepat tanggap kita berikan apresiasi itu pak Gubernur ya semuanya untuk masyarakat Jambi," pungkasnya.(afm)





Artikel Rekomendasi