Terus Mencoba



Selasa, 14 Juni 2022 - 13:59:08 WIB



Oleh: Abdul Jamil Al Rasyid*

 

 

Terus adalah suatu kegiatan yang dilakukan berulang-ulang secara terus menerus tanpa berhenti. Terus identik dengan perjalanan baik itu perjalanan hidup maupun perjalanan pergi dari suatu tempat ke tempat lain. Terus juga melanjutkan suatu pekerjaan tanpa kenal henti dan tidak berbalik lagi. Banyak orang yang gagal dan berhenti untuk berjuang, maka jalan keluar dari semua itu adalah untuk terus berjuang. Banyak orang berhenti dalam suatu perjalanan maka hal ini bisa terus untuk melakukan perjalanan.

Terus tentu banyak dilakukan ketika orang sudah stuck dalam mengerjakan sesuatu.
Mencoba adalah suatu hal yang dilakukan untuk mengerjakan sesuatu yang mana orang yang melakukan tersebut harus tau keadaan yang ada dan juga peka terhadap diri sendiri maupun lingkungan. Mencoba tentu adalah suatu hal yang bisa saja berhasil dan bisa saja gagal. Dalam suatu usaha perlu percobaan, misalnya saja dalam tim sepakbola, sebelum bertanding ke liga resmi tentu ada uji coba.

Maka dari hal tersebut tentu mencoba tentu bisa dilakukan dalam setiap perjuangan orang dalam aspek kehidupan. Mencoba tidak lepas dari usaha yang lebih besar dan juga hasil yang lebih besar di kemudian hari.

Tentu ada hubungan antara terus dan juga mencoba. Hal in sering dikatakan oleh motivator, guru dan lainnya untuk terus mencoba apabila kita mengalami kegagalan. Terus adalah suatu usaha yang dilakukan secara berulang, sedangkan mencoba juga sering dilakukan berulang-ulang. Hal ini berkaitan karena mencoba itu tidak boleh sekali saja untuk mencapai suatu hal. Kedua kata tersebut berkesinambungan antara yang satu dengan yang lainnya. Maka kedua hal diatas tentu tidak dapat dipisahkan. Ketika seseorang berhenti mencoba maka dia akan ingat lagi kata terus, mencoba seperti berjalan, ada rintangan serta hambatan yang dilalui tetapi hal tersebut dilakukan secara terus menerus.

Mencoba tentu ada dua kemungkinan yang akan didapatkan, yang pertama tentu keberhasilan. Ketika seseorang misalnya mencoba-coba melamar PNS misalnya, hal tersebut membuat dia lulus. Maka itu adalah sebuah amanah serta hidayah. Hal ini banyak juga terjadi dalam masyarakat orang yang hanya tidak memiliki niat tetapi hanya mencoba saja, membuat hal tersebut dia berhasil. Maka itu adalah cambuk bagi dirinya ketika dia berhasil menjadi PNS tersebut maka itu adalah keberuntungan yang tidak bisa dimiliki oleh seseorang. Banyak orang yang seperti contoh diatas dalam suatu kehidupan.

Tentu dibalik keberhasilan mencoba sering mengalami kegagalan. Hal ini yang berkaitan dengan terus, karena ketika kita sudah berhasil menjadi PNS misalnya tentu hal itu tidak akan kita ulangi lagi, hanya saja kita menjalankan amanah yang ada dalam diri kita. Oleh karena itu kata terus adalah sebuah semangat yang dihadirkan ke dalam diri seseorang. Dibalik keberhasilan seseorang tentu ada kegagalan-kegagalan yang dimiliki oleh orang tersebut. Dibalik keberhasilan seorang penulis memuat sebuah karya di media, maka dia pernah gagal di media yang lain sebelum dia sukses seperti saat ini.

Maka dari hal tersebut kita bisa belajar untuk terus menerus mencoba. Gagal coba lagi, hal ini tersebut tidak akan gagal selamanya, karena suatu saat ada keberuntungan yang akan menemani hidup kita ketika kita terus mencoba ketika gagal. Jangan pernah kita patah semangat, karena kegagalan itu bukanlah akhir dari segalanya tetapi awal dari keberhasilan yang sudah di depan mata kita. Kita tentu perlu me motivasi diri kita sebelum kita terjun ke suatu hal. Jangan pikirkan kita itu berhasil, pikirkan kita itu gagal terlebih dahulu. Maka pesimis juga diperlukan dalam suatu kehidupan.

Ali Bin Abi Thalib pernah berkata" apa yabg ditakdirkan untukmu dia tidak akan pergi dari mu" hal ini memang benar tetapi tanpa usaha, proses, semangat serta terus menerus mencoba tentu kita tidak bisa mengubah takdir. Hal ini perlu digaris bawahi bahwa orang yang optimis dalam kehidupan tentu perlu juga memiliki sedikit rasa pesimis karena sebelum berperang pikirkan dahulu bahwa kita itu akan kalah, jangan pikirkan kita itu pasti menang. Dari kalah tersebut kita akan memiliki semangat yang lebih untuk memenangkan pertempuran. Begitu juga kehidupan kita bertempur juga dengan kehidupan.

Untuk itu terus mencoba dalam suatu kehidupan dan jangan pernah bosan tentu adalah jalan yang baik dan benar ketika kita mengarungi kehidupan. Orang yang terus menerus berlari tanpa henti ketika dia jatuh akan bangkit lagi. Maka mencoba adalah cara terbaik dan terus mencoba akan lebih baik. Jangan pernah kita pikirkan kegagalan kita, karena gagal merupakan resiko yang akan ditempuh oleh seseorang. Kita harus semangat ketika gagal dan terus mencoba serta berjuang untuk kehidupan kita yang lebih baik lagi kedepannya.


Penulis Adalah: Mahasiswa Jurusan Sastra Minangkabau Universitas Andalas, Anggota Lembaga Mahasiswa Jurusan(Lmj) Sastra Minangkabau, Penulis Pernah Menerbitkan Tulisan Di Berbagai Media 34 Provinsi Indonesia, Penulis Sekarang Berdomisili Di Padang Pariaman, Sumatera Barat, Santri Pondok Pesantren Madinatul Ilmi Nurul Ikhlas Patamuan Tandikek



Artikel Rekomendasi