Anatomi Nilai Dasar Perjuangan (NDP) dalam Tubuh HMI



Minggu, 12 Juni 2022 - 08:55:24 WIB



JAMBERITA.COM-  Badan Pengelola Latihan Kader HMI Cabang Jambi menggelar Ngaji NDP pada tanggal 12 Juni 2022 di Aula Rumah Dinas Wakil Walikota Jambi. Acara ini dihadiri kader HMI Cabang Jambi. Dalam kegiatan tersebut MJ Habe tampil sebagai Narasumber. Tujuan dari kegiatan ini menjadikan NPD sebagai bagian dari kerja-kerja individu dan sosial yang bermuara pada pembentukan kesalehan individu dan kesalehan sosial.

 Salah satu Instruktur NDP Jambi ,MJ Habe mengatakan bahwa NDP (Nilai - Nilai Dasar Perjuangan HMI) merupakan sebuah dasar yang dijadikan sebagai landasan kader HMI dalam melaksanakan aktivtas individu dan relasi sosial dalam membangun peradaban umat manusia sesuai dengan tujuan HMI.

Dimana  NDP merupakan   filsafat sosial menempati posisi yang sangat penting dalam menentukan alur perjungan  HMI. Dalam konstitusi  NDP menjadi bagian yang tak terpisahkan. MJ Habe menyebutkan bahwa Ruh nya HMI adalah NDP-nya sehingga ketika seorang kader tidak tuntas dalam proses penyerapan NDP maka belum layaklah dia disebut kader.

Lebih Lanjut Bang Jun mengatakan  pentingnya NDP bagi organisasi ini  ada tiga ; landasan Teologis , Idiologi Landasan dan Sosiologis.

Pertama, Landasan Teologis  , Islam merupakan Teologi  bagi kader , maka perbedaan aliran terdapat pada syariat. bahwa NDP HMI maupun HMI sendiri bukanlah sebuah aliran yang berbeda dengan aliran-aliran lain yang ada di Indonesia. Dia merupakan bagian dari sistem yang ada dalam aliran-aliran Islam yang tidak burasaha memisahkan atau membuat sebuah aliran baru dalam Islam Indonesia.

Kedua, Landasan Ideologi. NDP sebagai Ideologi HMI, maka dalam NDP sendiri terdapat komponen - komponen yang dapat digunakan sebagai Ideologi HMI. Agar sebuah ide atau pemikiran dapat menjadi sebuah ideologi maka pemikiran haruslah memiliki pandangan tersendiri yang berfungsi sebagai dasar pemikiran, kerangka berpikir dan kemudian terdapat juga pandangan tentang  dunia sosial, 

Ketiga, Landasan Sosiologis. Progam kerja HMI haruslah sesuai dengan pandangan NDP tentang masyarakat. Hal ini tak lain dikarenakan kedudukan NDP sebagai Landasan Ideologi HMI.

Oleh karena itu, maka dalam proses implementasi NDP sebagai ideologi maka NDP harus dapat direalisasikan lewat progam kerja dan kerja-kerja sosial .  

"Perspektif sosiologis HMI, merupakan titik akhir dari perjuangan kader HMI. Maka tidak ada pilihan di era digitalisasi ini formulasi pengkaderan dan kader harus beradaptasi dengan perbuahan sosial yang ada, jika tidak mau tergilas atau ditinggalkan oleh zaman,"Ungkap MJ Habe.(*)

 





Artikel Rekomendasi