Waduh, Sudah 6 Hari Pelajar SMAN 3 Muaro Jambi Mogok Belajar, Kadisdik Sebut Belum Dapat Informasi



Jumat, 27 Mei 2022 - 23:17:44 WIB



Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra.
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra.

JAMBERITA.COM - Waduh, persoalan pelajar SMA Negeri 3 Kabupaten Muaro Jambi Unit Kerja Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi juga belum selesai. Bahkan mirisnya, baru-baru ini sudah 6 hari melakukan mogok belajar.

Terkait dengan ini, akhirnya sampai ke telinga anggota DPRD Muaro Jambi, bukan Komisi IV DPRD Provinsi Jambi yang membidangi Pendidikan dan Kesehatan sebagai pengawasan terhadap mitra kerja.Dimana waktu lalu, Komisi IV DPRD juga pernah mendatangi SMAN 3, tetapi seperti nya, permasalahan tuntutan pelajar belum juga putus.

Teranyar, mereka yang turun langsung mendatangi pihak sekolah yaitu, anggota Komisi I DPRD Muaro Jambi Ulil Amri dari Fraksi PAN bersama Usman Khalik dari PDI Perjuangan, juga Aidi Hatta (PAN).

Tujuan mereka datang langsung ke SMAN 3 Provinsi Jambi yang semestinya kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi itu, untuk mengetahui pokok persoalan yang menjadi penyebab pelajar mogok belajar.

Ulil Amri saat dikonfirmasi awak media, membenarkan jika para siswa SMAN 3 Muaro Jambi sudah 6 hari melakukan mogok belajar. Mereka menuntut agar Kepala Sekolah (Kepsek) yang menjabat saat ini untuk mundur dari jabatannya. 

"Para siswa itu sudah 6 hari mogok belajar, mereka menuntut agar Kepsek nya mengundurkan diri," katanya.

Selanjutnya, dari hasil pertemuan dengan pihak sekolah tersebut diketahui salah satu alasan para siswa menuntut Kepsek mundur adalah. Karena selama kepemimpinan Kepsek selama lebih kurang 2 tahun, kegiatan ekstra kurikuler dan kegiatan keagamaan tidak pernah terlaksana. 

"Siswa disitu, pada tanggal (07/03/2022) pernah melakukan demo di sekolah, namun tidak ada tindak lanjut, kemudian demo lagi pada tanggal (10/3/22) di kantor Gubernur, juga belum ada tindak lanjut," tegasnya.

"Atas dasar laporan dan permintaan masyarakat, kami Komisi I DPRD Muaro Jambi turun ke sekolah dan mengadakan pertemuan dengan pihak sekolah untuk menyerap informasi dan aspirasi," katanya Jum,at (27/5/22). 

Anggota DPRD Muaro Jambi berharap, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi atau Instansi terkait dapat segera mengatasi persoalan ini. Jangan sampai kegiatan pendidikan di sekolah tersebut menjadi terhambat. "Walaupun kewenangannya ada di Provinsi, Kami minta persoalan ini segera diselesaikan. Jangan sampai berlarut larut, kasian anak tidak bisa sekolah," jelasnya.

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra mengatakan belum mengetahui hal tersebut dan mengaku belum mendapatkan laporan dari bawahan nya."Belum ada kabar dari pengawas juga (dari Kabid SMA-Red)," katanya saat dihubungi baru-baru ini.

Varial mengatakan, kalau terkait sudah 6 hari mogok belajar baru baru ini, dirinya belum mendapatkan laporan, akan tetapi kalau permasalahannya waktu lalu itu bawahan nya, baik Kabid Pembinaan SMA Disdik maupun Kabid GTK Disdik sudah pernah turun ke sekolah tersebut.

"Atau informasi dulu,? dulu memang ada, turun Kabid kesana, nah itu dia minta Kepala Sekolah (Kepsek) itu diganti. Iya kan, kita tidak serta merta itu, sabar lah sekarang kan kita lagi pemetaan Kepala Sekolah (Kepsek), pasti kita ganti," bebernya.

Memang, beberapa bulan lalu pihak Disdik Provinsi Jambi sudah melaksanakan pemetaan terhadap semua Kepsek SMA/SMK/SLB se Provinsi Jambi. Akan tetapi belum sampai nya hasil pemetaan ke Gubernur Jambi, itu kata Varial, masih ada sedikit waktu menunggu salah satu dari tim pemetaan tengah berada di luar."Jadi belum selesai, nanti dia balik final langsung ngadap ke Gubernur," ungkapnya.

Sebelumnya, Rabu (25/5) Mei 2022 setelah melantik 4 pejabat eselon II, Gubernur Jambi Al Haris mengatakan, terkait dengan hasil pemetaan Kepala Sekolah (Kepsek) belum ia terima dari tim sekaligus pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi. Sementara, pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) akan di mulai.

"Nah, Kepala Sekolah. Saya belum menerima hasil kerja tim pemetaan, kan ketua nya ada profesor, doktor. Saya menunggu itu, nanti begitu hasilnya keluar, Saya lihat baru kita mulai melantik Kepala Sekolah, melihat semua, Track record dan braground semua Kepala Sekolah itu, segera. Minggu ini InsyaAllah saya akan lantik itu," pungkasnya.(afm)





Artikel Rekomendasi