Terkait Hepatitis Akut, SAH Minta Pemerintah dan Masyarakat Waspada



Rabu, 11 Mei 2022 - 09:40:09 WIB



JAMBERITA.COM- Kepedulian Anggota Komisi IX DPR RI Dr. Ir. H. A.R. Sutan Adil Hendra, MM terhadap isu - isu kesehatan di masyarakat sungguh luar biasa, up date dan mendalam.

Kali ini, Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI ini meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan melakukan tindakan pencegahan, salah satuya dengan menjaga kebersihan diri. Sebab, penyakit hepatitis akut yang tengah melanda dunia diduga telah masuk ke Indonesia setelah tiga anak dilaporkan meninggal dunia akibat terinfeksi penyakit misterius ini.

“Virus ini menularnya lewat asupan makanan yang lewat mulut. Jadi, kalau bisa rajin cuci tangan, kita pastikan yang masuk ke anak-anak kita bersih. Ini banyak menyerang di bawah 16 tahun dan lebih banyak lagi di bawah 5 tahun,” ungkap legislator yang suskes menjadikan tiga orang putra - putrinya sebagai dokter tersebut di Jambi (10/5/22) kemarin.

Menurut legislator yang dikenal Bapak Beasiswa Jambi ini, sekarang tercatat 15 kasus dugaan atau suspek hepatitis akut. Tiga kasus pertama di Indonesia dilaporkan pada 27 April 2022 atau beberapa hari setelah Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyampaikan adanya kejadian luar biasa atau outbreak di Eropa.

Untuk itu SAH meminta Kementerian kesehatan membuat Surat Edaran (SE) tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology). Sehingga pemerintah daerah tidak terlambat mengantisipasi, dan masyarakat bisa lebih berhati - hati, tandasnya.(*/sm)





Artikel Rekomendasi