Waspada Pelecehan Seksual Terhadap Anak, Ini Catatan PPA Jambi Selama Pandemi



Senin, 25 Oktober 2021 - 14:43:37 WIB



Ist
Ist

JAMBERITA.COM - Kekerasan seksual terhadap anak dilakukan oleh teman, supir travel tetangga dan pegawai orang tua, bahkan Ayah tiri/Ayah kandung dan keluarga tercatat selama pandemi Covid-19 di Provinsi Jambi.

Kepala UPTD PPA Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Provinsi Jambi Asi Noprini mengatakan, kekerasan terhadap anak di ranah rumah tangga selama Covid-19 tercatat 11 orang.

"Psikis 10 orang, dan seksual 8 orang dilakukan oleh ayah tiri/ayah kandung/keluarga," tuturnya, Senin (25/10/2021).

Kemudian kekerasan di ranah publik selama Covid-19 terhadap anak tercatat sebanyak 33 orang, fisik dilakukan oleh supir travel, psikis 27 orang dilakukan kenalan dan tetangga dan seksual 29 orang dilakukan teman, supir travel tetangga dan pegawai orang tua.

"Sebelum Covid-19, pengaduan yang diterima itu kekerasan terhadap anak di ranah rumah tangga tercatat 6 kasus, psikis 4 orang, seksual 4 orang juga dilakukan oleh Ayah tiri/kandung dan penelantaran anak terdapat 1 kasus," tambahnya.

"Kekerasan di ranah publik sebelum Covid-19 terhadap anak, terjadi kepada 18 orang. Fisik 2 orang dilakukan oleh supir travel, psikis 17 orang dilakukan kenalan dan tetangga, kemudian pelecehan seksual 15 orang dilakukan oleh teman, supir travel, tetangga dan pegawai orang tua," jelasnya.

Secara keseluruhan tahun 2021 sampai dengan 18 Oktober ada sebanyak 102 orang pelapor yang mengalami tindak kekerasan mulai dari anak, perempuan dan laki-laki juga ada yang mengalami tindak kekerasan.

"Terbanyak perempuan mengalami psikis, anak psikis dan seksual dan ada 2 orang perempuan di rumah perlindungan mengalami KDRT," ujarnya.

14 anak mengalami kekerasan fisik, 58 anak psikis, 58 alami seksual, dan 1 orang penelantaran. Kemudian, 13 orang perempuan alami fisik, 24 psikis dan 2 orang alami tindak kekerasan seksual serta 9 orang ditelantarkan dan 4 laki-laki mengalami psikis.

"Kasus terhadap anak saya jamin, semua ditindaklanjuti dan di proses hukum," tegasnya.

Untuk itu UPTD PPA Provinsi Jambi menghimbau kepada orang tua agar selalu meningkatkan kewaspadaan serta mengawasi anak-anak."Anak anak harus diperhatikan, pantau disaat dia pulang sekolah, jadi ketahanan keluarga harus di perkuat," pungkasnya.(afm)

 





Artikel Rekomendasi